Manajemen pendidikan karakter berbasis social emotional skill pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas ix smp 1 kudus

Hidayati, Noor (2023) Manajemen pendidikan karakter berbasis social emotional skill pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas ix smp 1 kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Updated Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan manajemen pendidikan karakter, metode pembelajaran karakter pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan menganalisis faktor pendorong maupun penghambat dalam pendidikan karakter berbasis Social Emotional Skill di SMP 1 Kudus. Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga serta rasa, dan karsa. Social emotional learning (SEL) merupakan program yang tujuannya mengacu kepada aspek moral. Dalam pembelajaran sosial emosional terdapat beberapa kompetensi sosial emosional berbasis kesadaran penuh yaitu pengenalan emosi atau kesadaran diri, pengelolaan emosi dan fokus atau manajemen diri, empati atau kesadaran sosial, keterampilan sosial kemampuan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Metode penelitian adalah kualitatif studi kasus. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari sudi literatur, observasi pra penelitian, pengumpulan data di lapangan, pengujian keabsahan data dan melakukan analisis data serta penyusunan laporan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui berbagai cara seperti wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pendidikan karakter di SMP 1 Kudus dilaksanakan mulai tahap perencanaan, sosialisasi dan koordinasi kepada segenap warga sekolah, sampai dengan tahap pelaksanaan dan evaluasi. Implementasi pembelajaran karakter berbasis Social Emotional Skill pada pelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan pada kelas IX memberikan pengaruh yang positif pada pembentukan karakter kebangsaan. Adapun nilai karakter yang ditanamkan meliputi; karakter religious, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. Faktor pendorong dalam implementasi pendidikan karakter berbasis Social Emotional Skill di SMP 1 Kudus (1) fasilitas pembelajaran yang lengkap, (2) kondisi sosial siswa yang beragam baik ditinjau dari aspek agama, sosial, maupun ekonomi, (3) Kebijakan sekolah yang sinkron dengan program SES. Adapun faktor penghambatnya antara lain (1) banyak guru yang belum menguasai pembelajaran karakter berbasis SES, (2) belum adanya standar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SES, (3) program SES kerjasama dengan Djarum Foundation tidak dilaksanakan secara berkelanjutan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, MP
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Social Emotional Skill (SES), Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Mar 2024 00:46
Last Modified: 05 Mar 2024 00:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20550

Actions (login required)

View Item View Item