Lusi, Lusi (2023) Analisis strategi sekolah dalam menggambarkan gerak dasar lokomotor siswa sd negeri kebonsawahan 01 juwana. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (459kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (301kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (317kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Mulai tahun 2019, Indonesia dilanda pandemi covid-19. Virus covid-19 merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit pernafasan akut. Penularan virus covid 19 melalui mulut dan hidung. Oleh karena itu sejak pandemi melanda Indonesia, sekolah terpaksa harus diliburkan dan pembelajaran yang awalnya tatap muka diganti menjadi daring. Pelaksanaan pembelajaran daring ini kurang lebih 2 tahun. Hal itu membuat anak-anak menjadi kecanduan gadget dan jarang melakukan kegiatan fisik. Kurangnya aktifitas fisik pada anak dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan tulang dan kekuatan otot anak. Pada tahun 2022 pandemi sudah mulai membaik dan sekolah dilaksanankan secara tatap muka. Efek dari kurangnya aktifitas gerak siswa pada masa pembelajaran daring membuat siswa tetap malas gerak ketika pembelajaran olahraga berlangsung. Hasil pra penelitian menunjukan bahwa gerak lokomotor siswa masih sangat kurang hal ini disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan pada saat pandemic yakni kurang melakukan gerakan yang melibatkan fisik. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk meningkatkan gerak siswa terutama gerak lokomotor siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi atau perencanaan apa saja yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah naratif kualitatif. subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 5, guru olahraga kelas 5, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian akan diolah menggunakan analisis kualitatif yang dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor di SD Negeri Kebonsawahan 01 yaitu dengan kegiatan piket kelas, senam bersama, kegiatan ekstrakurikuler (olahraga, menari dan pramuka), kerjasama dengan orang tua. 2) Faktor-faktor penyebab rendahnya gerak dasar lokomotor pada siswa di SD Negeri Kebonsawahan 01 dipengaruhi oleh dua faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor internal yang terdiri dari faktor fisiologis dan faktor psikologis. Kemudian, faktor-faktor penyebab rendahnya gerak yang kedua yaitu dipengaruhi oleh faktor eksternal yang pola asuh orang tua dan lingkungan sosial (teman bergaul).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Deka Setiawan, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Syafruddin Kuryanto, S.Si, M.Or |
Kata Kunci: | Strategi Sekolah, Gerak Dasar, Gerak Lokomotor Pademi Covid 19 |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 23:59 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 23:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20603 |
Actions (login required)
View Item |