Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas kelas iv Sd 3 blimbing kidul

LAYLI, NUZULUL (2023) Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas kelas iv Sd 3 blimbing kidul. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dan minat siswa pada mata pelajaran IPAS, hal ini disebabkan oleh kebosanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD 3 Blimbing Kidul. Secara teori yang dimaksud minat belajar adalah kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Sedangkan hasil belajar adalah nilai siswa yang dicapai dalam proses pembelajaran yaitu nilai hasil belajar IPAS. Minat belajar adalah suatu keinginan dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran disertai dengan perhatian dan keaktifan untuk menguasai pengetahuan dan pengalaman dengan rasa senang dan diperoleh kepuasan. Terkait dengan hasil belajar yang maksimal, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minat. Dalam kegiatan belajar, jika siswa memiliki minat dalam belajar maka akan merasa bahwa belajar itu hal yang sangat penting sehingga berusaha memusatkan perhatiannya kepada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar dan dengan senang hati melakukannya tanpa ada paksaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD 3 Blimbing Kidul yang berjumlah 29 siswa. Sampel penelitian sebanyak 29 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Variabel penelitian yaitu minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data hasil belajar diperoleh dari ulangan harian siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan rumus korelasi didapatkan hasil dikonsultasikan pada 0,367 pada taraf signifikansi 5% maka hipotesis diterima, yaitu adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD 3 Blimbing Kidul. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan motivasi kepada siswa agar senantiasa memperhatikan kefokusannya dalam belajar IPAS agar dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : iti Masfuah, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II :Dr. Suad, M.Pd.,
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 00:14
Last Modified: 08 Mar 2024 00:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20627

Actions (login required)

View Item View Item