Pengembangan e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman dalam pembelajaran literasi bahasa anak usia dini di tk kecamatan banjarsari kota surakarta

HANDAYANI, WAHYU (2023) Pengembangan e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman dalam pembelajaran literasi bahasa anak usia dini di tk kecamatan banjarsari kota surakarta. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman. 2) mendesain pengembangan media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman. 3) menganalisis keefektifan e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman. Penelitian ini jenis R&D research and development. Produk yang dikembangkan adalah media e book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran literasi bahasa anak usia dini. Langkah pengembangan produk menggunakan teori teori Borg dan Goll meliputi penelitian & Pengumpulan Informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir dan desiminasi. Uji coba efektifitas menggunakan experiment design pre-test dan post-tet. Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket / kuesioner dan dokumentasi. Analisis uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, hipotesis menggunakan analisis uji t-tes. Hasil penelitian bahwa 1) guru dan siswa membutuhkan pengembangan media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman dalam pembelajaran literasi bahasa anak usia dini di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Media ini dikembangkan mengarah kepada kombinasi warna untuk menarik minat belajar. disajikan kosakata yang dapat mengstimulasi perkembangan literasi bahasa dialek mataraman; 2) Desain e-book berisi sampul depan, sampul belakang, kata pengantar, daftar isi, Bab I, Bab II, Bab III dan daftar pustaka. Desain ini disajikan dalam bentuk elekteronik dengan kombinasi warna selain itu menyajikan foto dan kosakata untuk meningkatkan minat belajar anak; 3) Kelayakan pengembangan media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman untuk pembelajaran literasi bahasa pada anak usia dini Berdasarkan hasil uji validitas materi pada kategori sangat baik, kemudian pada uji validitas bahasa ada pada kategori sangat baik, hasil validasi media 1 ada pada kategori sangat baik dan validasi media 2 ada pada kategori sangat baik, kesimpulannya media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman layak digunakan dalam pembelajaran; 4) Keefektifan pengembangan media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman untuk pembelajaran literasi bahasa pada anak usia dini diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi berbahasa anak usia dini dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan media e-book berbasis kearifan lokal dialek mataraman.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Dr. Gudnanto, S. Pd, M. Pd. Kons.
Kata Kunci: Media E Book, kearifan lokal dialek mataraman
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:50
Last Modified: 08 Mar 2024 01:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20630

Actions (login required)

View Item View Item