Pengembangan bahan ajar literasi dengan metode beyond centers and circle time (bcct) pada sentra persiapan bagi murid taman kanak kanak usia 5-6 tahun

KABIYANTI, SUCI (2023) Pengembangan bahan ajar literasi dengan metode beyond centers and circle time (bcct) pada sentra persiapan bagi murid taman kanak kanak usia 5-6 tahun. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian 007Aini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar literasi dengan metode BCCT pada sentra persiapan, kelayakan bahan ajar literasi dengan metode BCCT pada sentra persiapan dan efektivitas bahan ajar literasi dengan metode BCCT pada sentra persiapan untuk menumbuhkan dan meningkatkan meningkatkan kemampuan literasi pada siswa Taman Kanak Kanak di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini diantaranya adalah potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan diseminasi. Sumber data diambil dari siswa, guru, orang tua atau wali murid dan ahli media. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni wawancara, kuesioner/angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar literasi dengan metode BCCT dibutuhkan oleh guru dan siswa ; 2) Pengembangan bahan ajar literasi dengan metode BCCT pada sentra persiapan layak digunakan dalam menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan literasi; 3) Bahan ajar literasi dengan metode BCCT pada sentra persiapan efektif dalam menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan literasi siswa taman kanak kanak 4) Ada pengaruh signifikan penggunaan bahan ajar literasi dengan metode BCCT pada sentra persiapan terhadap kemampuan literasi siswa taman kanak kanak di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Mochamad Widjanarko, M.Si, Dosen Pembimbing II : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: bahan ajar, literasi, BCCT, Sentra Persiapan, taman kanak kanak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:00
Last Modified: 08 Mar 2024 02:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20631

Actions (login required)

View Item View Item