Analisis Kesalahan Berbahasa Laporan Penelitian Ilmiah Skripsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus dan Upaya Pembenahannya

-, Murtono (2009) Analisis Kesalahan Berbahasa Laporan Penelitian Ilmiah Skripsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus dan Upaya Pembenahannya. [Experiment] (Unpublished)

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Submitted Version

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB__I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB___V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V]
Preview
PDF (Bab V)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (7kB)

Abstrak

Laporan penelitian merupakan karya ilmiah yang menjadi salah satu muara akhir persyaratan menjadi seorang sarjana [baca: ilmuwan]. Istilah karya ilmiah mengacu pada karya tulis yang penyusunannya didasarkan pada kajian ilmiah. Sebagai salah satu pembimbing penulisan skripsi mahasiswa, setiap saat penulis selalu menemukan aneka kesalahan berbahasa para mahasiswa. Kesalahan-kesalahan itu, menyangkut masalah ejaan dan tanda baca, kata dan frase, kalimat dan paragraf, teknik penulisan ilmiah, serta tidak jarang masalah pertalian bentuk dan makna. Bahasa laporan penelitian mahasiswa banyak yang mengalami kerumpangan, misalnya tidak tepat penulisan huruf dan tanda bacanya, tidak lengkap kata dan frasenya, tidak efektif kalimatnya, dan tidak logis paragrafnya. Ada dua kecenderungan, mengapa para mahasiswa melakukan kesalahan dalam berbahasa. Pertama, rupa-rupanya mereka kurang peduli terhadap bahasa laporan penelitian ilmiah sehingga menganggap angin lalu, yang penting laporan penelitian secara keseluruhan dapat dipahami oleh para pembaca. Kedua, ada tanda-tanda nyata bahwa para mahasiswa kurang menguasai teknik tata tulis laporan karya ilmiah, tata bahasa Indonesia, maupun logika berbahasa ilmiah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Mengapa terjadi kecenderungan mahasiswa kurang peduli terhadap bahasa laporan penelitian ilmiah skripsi sehingga menganggap angin lalu, yang penting laporan penelitian secara keseluruhan dapat dipahami oleh para pembaca? 2) Aspek-aspek bahasa yang manakah yang mengalami kesalahan dalam bahasa penulisan karya ilmiah skrispsi ini? 3) Upaya-upaya apakah sajakah yang harus peneliti lakukan agar kesalahan berbahasa laporan penelitian skrispsi mahasiswa ini semakin terinduksi? Penelitian ini bertujuan untuk menemukan aspek-aspek bahasa laporan penelitian ilmiah skripsi mahasiswa bimbingan dan konseling yang mengalami kesalahan. Hal ini perlu ditemukan agar dapat dianalis secara mendalam. Selanjutnya diupayakan bagaimana penulisan yang benar tentang kaidah tata tulis dan logika berbahasa. Manfaat penelitian ini adalah agar bahasa karya ilmiah para mahasiswa, semakin lama semakin lebih memadai. Bahasa yang dipakai pun semakin baik, muaranya para mahasiswa lebih mudah dan senang menulis karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakupi empat hal, yaitu (1) data dan sumber data, (2) metode pengumpulan data, (3) metode analisis data, dan (4) metode penyajian hasil analisis data. Data dianalisis dengan penyajian kaidah-kaidah bahasa ilmiah dengan terminologi yang bersifat teknis, tanpa adanya tanda dan lambang-lambang. Dari hasil analisis penelitian ini, penulis menemukan aneka kesalahan berbahasa pada karya ilmiah skripsi mahasiswa bimbingan dan konseling. Kesalahan itu antara lain, menyangkut masalah ejaan dan istilah, kata dan kalimat, paragraf, tata tulis, dan penggunaan kata tidak baku. Di samping itu, juga tidak jarang masalah pertalian bentuk dan makna. Bahasa laporan penelitian mahasiswa banyak yang mengalami kerumpangan, misalnya tidak tepat penulisan huruf dan tanda bacanya, tidak lengkap kata dan frasenya, tidak efektif kalimatnya, dan tidak logis paragrafnya. Kesalahan yang ejaan dan istilah adalah kesalahan yang berkaitan dengan pemakaian ejaan dan istilah. Ejaan pada dasarnya mencakup penulisan huruf, penulisan kata, penulisan singkatan, akronim, angka dan bilangan, serta penggunaan tanda baca. Di dalam penelitian ini ditemukan kesalahan ejaan berupa kesalahan penggunaan tanda baca, huruf kapital, penggunaan kata yang mubazir, dan pemakaian kata yang tidak baku. Kata-kata yang sering salah adalah penggunaan kata yang rancu (tidak logis), kata berimbuhan, kata berimbuhan, gabungan kata, kata ulang, kata depan, partikel, penggalan kata, singkatan, dan akronim. Di dalam penelitian ini ditemukan kesalahan penggunaan kata, misalnya: penggunaan kata tidak baku (mempraktekkan seharusnya mempraktikkan), penggunaan kata semakna yang berlebihan (sangat penting sekali seharusnya sangat penting atau penting sekali), penggunaan frase yang tidak tepat (hubungan antara ... dengan ... seharusnya hubungan antara ... dan ..., atau hubungan ... dengan ...). Kalimat yang sering salah adalah penggunaan kalimat yang efektif. Kalimat yang efektif harus tersusun sesuai dengan kaidah yang berlaku. Sebuah kalimat sekurang-kurangnya harus memiliki unsur subjek dan predikat. Kalimat yang bersubjek umumnya terjadi karena penggunaan kata depan pada awal kalimat. Di dalam penelitian ini ditemukan kesalahan kalimat, misalnya: kalimat mengalami banyak kesalahan mulai dari logika berbahasa dalam mengutip pendapat ahli, cara mengutip (seharusnya diambil nama belakang saja), sampai pada tanda berhenti yang menyiksa kalau diujarkan (di belakang kata berikut diberi tanda : [titik dua]). Tanda : [titik dua] ini tidak menunjukkan kesenyapan atau berhenti, sehingga pembaca tidak boleh berhenti sampai kalimat diakhiri dengan tanda . [titik]. Pada hal uraian di belakang tanda : ini masih banyak, kalau demikian apakah pembaca bisa bernafas dengan baik. Kalimat yang efektif, pada gilirannya akan menghasilkan paragraf yang efektif. Oleh karena itu, keefektifan kalimat akan memberikan sumbangan besar terhadap kefektifan paragraf. Paragraf yang efektif adalah paragraf yang mengandung kesatuan makna (kohesi) dan kepaduan bentuk (kohensi). Di dalam penelitian ini ditemukan kesalahan yang berupa penyusunan paragraf yang tidak efektif dan sulit untuk dipahami. Paragraf ini hanya terdiri atas satu kalimat. Apabila kita membaca dengan benar akan menguras pernafasan kita, karena tidak ada jeda berhenti [.] di dalam paragraf tersebut. Di samping itu, kalimatnya juga agak sulit untuk dipahami. Kesalahan tata tulis menyangkut kesalahan yang terdapat pada penulisan baku, misalnya: seharusnya tidak menggunakan tanda petik, ditulis diberi tanda petik; seharusnya tidak huruf besar semua, ternyata ditulis huruf besar semua; seharusnya awal kata yang menggunakan huruf besar selain kata aspek/konjungsi, ditulis semua awal kata dengan huruf besar semua, dan sebagainya. Kesalahan penggunaan kata baku adalah kesalahan yang menyangkut penggunaan kata secara tidak baku, baik terletak pada kesalahan ejaan, penulisan huruf, penulisan unsur serapan, kata, maupun frasa. Adapun saran yang penulis ajukan adalah 1) Mahasiswa diharapkan lebih sungguh-sungguh berlatih menulis karya ilmiah, 2) Perlu adanya metode baru dalam pembelajaran menulis untuk meningkat-kan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Analisis Kesalahan Berbahasa dan Pembenahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Ujian kuliah
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan sarjana
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan sastra > Filologi. Linguistik.
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2012 09:03
Last Modified: 17 Mar 2012 09:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item