SOLIKAH, ARUM (2023) Dampak penggunaan aplikasi tiktok pada perilaku sosial siswa sdn 2 hadipolo. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (552kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (255kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penggunaan aplikasi tiktok dapat menyebabkan kecanduan yang akan mempengaruhi perilaku sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa di SD N 2 Hadipolo yang sering menggunakan aplikasi tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk penggunaan aplikasi tiktok, dampak penggunaan aplikasi tiktok, dan perilaku sosial siswa di SD N 2 Hadipolo. Aplikasi tiktok merupakan sebuah aplikasi untuk pembuatan video dengan durasi pendek yang disertai musik, aplikasi ini sangat digemari semua orang dari usia anak-anak sampai dewasa. Penggunaan aplikasi tiktok yang berlebihan tentunya akan menimbulkan berbagai dampak. Dampak dari penggunaan aplikasi tiktok juga akan mempengaruhi perilaku sosial siswa. Perilaku sosial adalah segala tindakan yang dilakukan seorang manusia terhadap orang lain. Perilaku sosial siswa merupakan hubungannya dengan orang lain baik dengan guru, teman sebaya, orang tua, maupun saudaranya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N 2 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 8 siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian siswa SDN 2 Hadipolo menggunakan tiktok sebagai sarana untuk menghibur diri ketika sedang bosan, sebagai sarana untuk mengikuti trend, dan digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan pengetahuan yang luas serta menambah kreativitas siswa. Penggunaan aplikasi tiktok pada siswa SDN 2 Hadipolo ini mempengaruhi perilaku sosial siswa diantaranya perilaku siswa yang suka bekerja sama untuk membuat sesuatu dan bekerja sama untuk mencontek, siswa yang bersimpati dengan temannya yang ditunjukkan dengan sikap saling membantu, perilaku siswa yang suka membangkang, menggoda, serta perilaku siswa yang suka bersaing untuk mendapatkan like dan followers pada akun tiktoknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi tiktok pada siswa SD N 2 Hadipolo yaitu digunakan sebagai sarana untuk hiburan, sebagai sarana untuk eksistensi diri dan mengikuti trend, serta sebagai sarana untuk menambah pengetahuan. Penggunaan aplikasi tiktok pada siswa kelas V SD N 2 Hadipolo menimbulkan dampak positif dan negatif pada perilaku sosial siswa yaitu perilaku kerja sama, simpati, membangkang, persaingan, dan menggoda.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Imaniar Purbasari M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Khamdun, M.Pd., |
Kata Kunci: | Dampak, Aplikasi Tiktok, Perilaku Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 19:56 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 19:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20707 |
Actions (login required)
View Item |