DAMAYANTI, DISTIA HILMA (2023) Peningkatan hasil belajar siswa kelas v dalam pembelajaran ips berbantuan games book. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (590kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (218kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (46kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilatabelakangi oleh adanya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Kedungdowo menunjukkan hasil yang rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan media yang cukup relevan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan media Games Book sebagai peningkatan hasil belajar di Kelas V pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini mengambil pada pembelajaran IPS yang dimana masih banyak siswa sulit untuk memahami materinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal serta memenuhi tujuan pembelajaran maka guru perlu menciptakan proses pembelajaran aktif yang dapat menumbuhkan kemauan siswa dalam belajar. Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menggunakan media pembelajaran Games Book. Games Book merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajarkan materi kepada siswa melalui permainan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS berbantuan Games Book pada siswa kelas V SDN 1 Kedungdowo meningkat karena memiliki rata-rata klasikal ≥ 75%. Pada siklus I memperoleh presentase 72,82% dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat dengan presentase menjadi 80,97% dengan kriteria baik dan berhasil. Peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS berbantuan Games Book pada ranah pengetahuan dikatakan meningkat karena hasil belajar siswa memiliki rata-rata klasikal ≥ 75%. Presentase siklus I yang tuntas memperoleh 56,67% dan presentase siklus II yang tuntas memperoleh 76,67%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing 2: Ahmad Bakhdruddin, S.Pd.I., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, dan Games Book |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 21:27 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 21:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20761 |
Actions (login required)
View Item |