Buku Model Project Based Learning Studentpreneur Gusjigang

Sri Utaminingsih (2022) Buku Model Project Based Learning Studentpreneur Gusjigang. EC00202226418.

[thumbnail of Buku Model Project Based Learning dengan Studentpreneur Gusjigang] Text (Buku Model Project Based Learning dengan Studentpreneur Gusjigang)
SERTIFIKAT HKI BUKU MODEL PROJECT BASED LREARNING STUDENT PRENEUR GUSJIGANG.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 22 April 2072.

Download (389kB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi serta era globalisasi sekarang dan era MEA ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Tenaga kerja yang terampil dan terdidik akan mampu memenangkan persaingan. Sebaliknya tenaga kerja yang tidak terampil dan tidak terdidik akan tersisih. Permasalahan ini begitu kompleks. Salah satu tantangan terberat adalah bagaimana mempersiapkan generasi mudah agar mampu bersaing dalam era global. Era globalisasi tidak bisa dihindari, perkembangan teknologi komunikasi seperti internet (international telecomication network) memudahkan manusia memperoleh informasi begitu cepat, era globalisasi bagi orang tertentu (memiliki kompetensi) merupakan peluang terbesar untuk memperoleh kesuksesan, di sisi lain bagi orang tertentu (tidak memiliki kompetensi) globalisasi merupakan sesuatu hal yang menakutkan. Masalah yang hangat diperbincangkan diantaranya meningkatnya pengangguran karena lapangan pekerjaan semakin sempit dan perekonomian nasional juga kurang menggairahkan. Hal ini, terbukti masih banyak demonstrasi para buruh menuntut kenaikan UMR (upah minimum regional) dan agar perusahaan tidak melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja). Kemajuan pembangunan telah menghasilkan banyak tenaga terdidik, namun belum sepenuhnya menggembirakan, karena masih diikuti besarnya angka pengangguran (Alma, 2010:48). Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang akan dating dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk lebih mengembangkan kreatifitas sesuai dengan pengalaman. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman langsung dalam berwirausaha adalah model project based learning (PjBL). Pembelajaran project based learning adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar konstektual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Project Based Learning menurut Buck Institute For Education (BIE) dalam Trianto (2014:41) adalah pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran baik dalam memecahkan suatu permsalahan dan memberikan peluag bagi siswa untuk lebih mengekspresikan kreatifitas mereka sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa. Dalam hal ini, materi keberagaman ekomnomi masyarakat Indonesia yang diajarkan di kelas VI sekolah dasar perlu adanya pengembangan model pembelajaran yang menghadirkan pengalaman langsung bagi siswa dalam kegiatan berwirausaha. Penelitian yang relevan dengan penelitian ini antara lain penelitian yang dilakukan oleh Benik Dwi Lestari (2019) yang bertujuan menghasilkan model pembelajaran project based learning yang valid, efektif, layak dan praktis untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran Prakarya siswa SMP. Model yang dikembangkan adalah model Pembelajaran Project Based Learning Prakarya yang berbasis Ecogreen. Karjiyati (2017) melakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan model project based learning (PjBL) dalam pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik untuk mengembangkan sikap peduli lingkungan dan kreativitas bagi siswa SD. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka dipandang perlu untuk mencari sebuah solusi dengan mengembangkan sebuah model pembelajaran, lengkap dengan perangkat pendukungnya. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran yang sudah ada disertai dengan pengalaman berwirausaha. Atas dasar pemikiran itulah, pada penelitian ini diangkat sebuah penelitian dan pengembangan dengan judul “Pengembangan Model Project Based Learning dengan studentpreneur Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang siswa kelas VI Sekolah Dasar”. Penerapan model pembelajan project based learning tersebut bertujuan meningkatkan kecakapan abad 21, terutama kecakapan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, berlatih menjadi seorang studentprenur akan belajar bagaimana mengambil keputusan yang tepat. Belajar perencanaan, pengelolaan, berkolaborasi, berkomunikasi, dan belajar menyelesaikan masalah.

Item Type: Patent
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mrs Sri Utaminingsih
Date Deposited: 02 Apr 2024 21:48
Last Modified: 02 Apr 2024 21:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item