UPAYA MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP 5 KUDUS

Wulandari, Septiana (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP 5 KUDUS. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (647kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran_belakang.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Wulandari, Septiana. 2013. Upaya Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII A SMP 5 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Dosen Pembimbing II Dr Sukiman, M.Pd. Kata-kata Kunci: Keterbukaan Diri; Layanan Bimbingan Kelompok Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMP 5 Kudus diperoleh hasil yang menunjukkan masih banyaknya siswa yang kurang dalam keterbukaan diri dalam komunikasi sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan bimbingan kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar pribadi pada kelas VIII A SMP 5 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan kondisi awal sebelum dan sesudah diberikan treatmen layanan bimbingan kelompok 2. Memperoleh peningkatan keterbukaan diri melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII A SMP 5 Kudus tahun ajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan Teoritis: Secara teoritis, hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan dapat mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar pribadi. Kegunaan Praktis: 1). Bagi Kepala Sekolah, Dapat digunakan sebagai acuan program pendidikan di sekolah, khususnya peningkatan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar pribadi. 2). Bagi Konselor Sekolah, Sebagai pedoman bagi konselor dalam memberikan bimbingan kelompok kaitannya dengan meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar pribadi. 3). Bagi Siswa, Melalui bimbingan kelompok siswa dapat memperoleh pengalaman baru sebagai upaya meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar pribadi 4). Bagi Peneliti, Melalui penelitian ini dapat diperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. Hipotesis Penelitian ini adalah: “Layanan Bimbingan Kelompok dapat Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Pribadi” Pada Siswa Kelas VIII A SMP 5 Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, sebanyak 8 siswa yang mempunyai keterbukaan diri dalam komunikasi yang rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Pribadi (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara. Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok keterbukaan diri siswa rendah dan masuk dalam kategori sangat kurang dengan skor rata-rata 16,5. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I,

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
Kata Kunci: b imbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2014 02:38
Last Modified: 18 Feb 2014 02:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item