UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMK N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ratnasari, Ellisa (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMK N 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Ratnasari, Ellisa. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 SMK N 1 Kudus. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: 1. Drs. Sucipto, M.Pd, Kons., 2. Drs. Masturi, M.M. Kata – kata kunci : Kemampuan Berinteraksi Sosial, Bimbingan Kelompok Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang tidak mempunyai teman bermain, terasing di dalam kelas, sering salah paham dengan temannya sendiri. Sedangkan kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 yang tidak mengenal teman lain kelasnya, meskipun itu teman di samping kelasnya. Selain itu dalam satu kelas ada siswa yang sering berbeda pendapat dan akhirnya menimbulkan pertengkaran, ada juga siswa yang pendiam dan suka menyendiri, tidak punya teman bermain. Hal ini juga salah satunya ditandai dengan ada siswa yang tidak dipilih oleh teman – teman satu kelasnya atau terasing di dalam kelas.Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : Bagaimanakah bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK N 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah diperoleh diskripsi kemampuan berinteraksi sosial siswa dengan teman sebaya sebelum dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK N 1 Kudus dan untuk memperoleh peningkatan kemampuan berinteraksi sosial.Manfaat penelitian ini adalah : Untuk memberikan sumbangan yang positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bimbingan dan konseling tentang model – model pembinaan siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial siswa dengan teman sebaya. Penelitian ini juga dapat dijadikan dasar untuk penelitian sejenis. Kajian pustaka dalam penelitian ini meliputi: pengertian interaksi sosial, syarat – syarat interaksi sosial, factor – factor yang menyebabkan proses interaksi sosial, jenis – jenis interaksi sosial, bentuk – bentuk interaksi sosial, faktor – factor yang menunjukkan baik tidaknya interaksi sosial, gangguan interaksi sosial, pengertian teman sebaya, penerimaan dan penolakan teman sebaya, pengertian bimbingan kelompok, tujuan bimbingan kelompok, manfaat bimbingan kelompok, fungsi bimbingan kelompok, cirri – cirri bimbingan kelompok, model kelompok dalam bimbingan kelompok, tahap – tahap bimbingan kelompok, dan teknik – teknik bimbingan kelompok. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial dengan teman sebaya siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK N 1 Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Adimnistrasi Perkantoran 2 SMK N 1 Kudus yang berjumlah 8 siswa yang didapat bedasarkan hasil informasi dari guru pembimbing saat wawancara dan didukung dari hasil angket sosiometri ketika peneliti melaksanakan PPL. Variabel dalam penelitian ini adalah : a. Variabel bebas : bimbingan kelompok. b. Variabel terikat : kemampuan berinteraksi sosial. Hasil penelitian sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok memperoleh rata – rata 33,5% yang berarti kemampuan berinteraksi sosial siswa masuk dalam kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I memperoleh hasil 60,5% dalam kategori cukup. Terjadi peningkatan sebesar 27% dari kondisi awal sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok. Setelah siklus II mendapatkan hasil 76,5% dalam kategori baik, terjadi peningkatan 16% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum siswa diberikan layanan bimbingan kelompok memperoleh rata – rata 33,5% yang berarti kemampuan berinteraksi sosial siswa masuk dalam kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I memperoleh hasil 60,5% dalam kategori cukup. Terjadi peningkatan sebesar 27% dari kondisi awal sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok. Setelah siklus II mendapatkan hasil 76,5% dalam kategori baik, terjadi peningkatan 16% dari siklus I. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti memberikan saran kepada guru pembimbing agar lebih meningkatkan kedekatan dengan siswa terutama untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa, khususnya siswa yang mengalami masalah dengan kemampuan berinteraksi sosialnya, agar dapat dilakukan tindakan kuratif dan preventif bagi siswa yang kurang mampu berintareksi sosial dengan teman sebayanya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2014 04:03
Last Modified: 18 Feb 2014 04:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item