Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Gulang Kudus Tahun Ajaran 2012/2013

Intan Gadys Permata Hati, Deviana (2013) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Pada Siswa Kelas Iv Sd 3 Gulang Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (480Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (260Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (386Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (495Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1274Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (365Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (157Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (224Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar dikarenakan dalam pembelajaran di sekolah guru masih menggunakan cara tradisional atau konvensional. Guru terlalu banyak menggunakan metode ceramah dalam mengajar, jarang ditemukan siswa terlibat dalam aktifitas dan proses pembelajaran matematika secara aktif selama pembelajaran berlangsung. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD 3 Gulang kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SD 3 Gulang Kudus tahun ajaran 2012/2013 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan dan refleksi (reflecting). Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor (aktivitas belajar siswa) serta pengelolaan pembelajaran guru. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas IV SD 3 Gulang Kudus tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Peningkatan hasil belajar kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70,03 menjadi 90,21 dan ketuntasan belajar siswa 71% menjadi 100%. Peningkatan hasil belajar afektif dan psikomotor dilihat dari peningkatan kriteria aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II yaitu dari persentase 63% menjadi 85% dengan kriteria cukup baik menjadi sangat baik. Selain peningkatan hasil belajar, kriteria pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I ke siklus II juga meningkat yaitu dari persentase 75% menjadi 98% dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Peneliti menyarankan agar guru SD tidak terlalu banyak menggunakan metode ceramah pada saat pembelajaran matematika. Guru perlu menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education pada pembelajaran matematika khususnya materi pecahan agar hasil belajar siswa meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd. Pembimbing II : Eka Zuliana, S.Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: hasil matematika, pecahan, Realistic Mathematic Education
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: asih winarti
                    Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 11:27
                    Last Modified: 18 Feb 2014 11:27
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2115

                    Actions (login required)

                    View Item