Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kegiatan Sehari-Hari Sd 2 Medini Undaan Kudus

Sari Hariyanti, Ratna (2013) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kegiatan Sehari-Hari Sd 2 Medini Undaan Kudus. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (346kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (31kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (61kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (87kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (976kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (24kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (22kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SD 2 Medini, bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional yang membuat siswa bersifat pasif. Sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Hasil UTS diketahui hanya 11 dari 21 siswa memenuhi KKM dengan rata-rata 62,5. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan pembelajaran Kontekstual agar tercipta suasana belajar mengajar yang kondusif sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah melalui pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar tema kegiatan sehari-hari SD 2 Medini Undaan Kudus?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar tema kegiatan sehari-hari dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual di SD 2 Medini Undaan Kudus. Pembelajaran kontekstual adalah konsep pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan pembelajaran Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD 2 Medini, yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan guru siklus I mencapai 2,47 dengan kategori cukup, siklus II sebesar 2,92 dengan kategori baik. Hasil rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 2,7 dengan kriteria baik, siklus II 2,9 dengan kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 66,7 dengan ketuntasan klasikal 71,4% dan meningkat pada siklus II menjadi 70,5 dengan ketuntasan klasikal 80,95%, ini membuktikan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar tema kegiatan sehari-hari di SD 2 Medini.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Pembimbing II : Eka Zuliana, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Tema Kegiatan Sehari-hari.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 04:55
Last Modified: 18 Feb 2014 04:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item