UPAYA MENGURANGI DAMPAK NEGATIF VIDEO GAMES MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 PATI TAHUN 2012/2013

Amiruddin, Fauzi (2013) UPAYA MENGURANGI DAMPAK NEGATIF VIDEO GAMES MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 2 PATI TAHUN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (690Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (288Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (597Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (489Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (877Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (254Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (80Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
                Download (114Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (944Kb)

                    Abstrak

                    Amiruddin, Fauzi. 2013. Upaya Mengurangi Dampak Negatif Video Games Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (ii) Drs. H. Sucipto, M.Pd, Kons. Kata Kunci: Dampak Negatif Video Games; Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak negatif video games yang dialami pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Pati yang mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti dengan konselor di sekolah tersebut pada tanggal 25 april 2013 ada 8 siswa yang mengalami dampak negatif video games. Kondisi awal sebelum diadakan kegiatan bimbingan kelompok siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati mengalami dampak negatif video games antara lain 1. siswa sering bermain video games, 2. kurangnya motivasi belajar siswa di sekolah, 3. kurangnya interaksi dengan teman, 4. siswa mudah putus asa dalam persaingan prestasi di sekolah. Oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi dampak negatif video games. Permasalahan yang akan diteliti: Berdasarkan latar belakang masalah di atas, rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi dampak negatif dari video games pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah: Berdasarkan dari rumusan masalah di atas tersebut, maka tujuan dari penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling sebagai berikut: 1. Untuk mendiskripsikan mengurangi dampak negatif video games terhadap siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 sebelum dan sesudah diberikan layanan Bimbingan Kelompok. 2. Mengurangi dampak negatif video games terhadap siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 sesudah diberikan layanan Bimbingan Kelompok. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis Hasil dari layanan bimbingan kelompok ini diharapkan bisa mengembangkan teori bimbingan kelompok dalam mengurangi dampak negatif dari video games terhadap siswa. 2. Kegunaan Praktis : a. Bagi Siswa, siswa mengetahui kerugian dari bermain video games yang berlebihan sehingga mengabaikan aktivitas sehari-hari, serta siswa mampu mengendalikan keinginannya untuk bermain video games agar tidak menjadi kecanduan dengan memanfaatkan dinamika kelompok melalui layanan bimbingan kelompok. b. Bagi Konselor Sekolah, dapat bermanfaat untuk membantu siswa agar terhindar dari dampak negatif video games melalui penerapan layanan bimbingan kelompok. c. Bagi Kepala Sekolah, memberikan gambaran umum perilaku siswa yang sering bermain video games, memberikan manfaat bagi para guru dalam menyikapi perilaku siswa yang gemar bermain video games, dan memberikan informasi secara empiris tentang cara-cara penanggulangannya dalam bentuk sebuah program bimbingan dan konseling. Bagi Peneliti, memperoleh pengetahuan dan wawasan bagi peneliti mengenai bagaimana cara mengurangi dampak negatif video games melalui bimbingan kelompok. Hipotesis Penelitian ini adalah: “ Layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi dampak negatif video games pada siswa kelas VIII A SMP 2 Pati tahun pelajaran 2012/2013.” Subyek penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Pati kelas VIII A berjumlah 8 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang menggunakan waktunya untuk aktivitas bermain video games. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara peneliti dengan konselor di sekolah tersebut, jadi peneliti perlu mengurangi dampak negatif video games melalui layanan bimbingan kelompok agar siswa dapat termotivasi dalam proses belajar di sekolah. Variabel penelitian: Variabel Bebas Variabel bebas merupakan variabel yang keberadaannya dapat mempengaruhi variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok (X). Variabel Terikat Variabel terikat merupakan variabel yang keberadaannya tergantung pada variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah mengurangi dampak negatif video games (Y). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara.Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok siswa kelas VIII A yang berjumlah 8 orang mengalami dampak negatif video games tergolong tinggi pada aspek mengurangi dampak negatif video games dan masuk dalam kategori kurang dengan skor rata-rata 33%. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I. Aspek mengurangi dampak negatif video games meningkat menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 57% terjadi peningkatan sebesar 24%. Sedangkan pada siklus II pada aspek mengurangi dampak negatif video games meningkat menjadi kategori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 85% terjadi peningkatan sebesar 28%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi dampak negatif video games pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian tersebut disimpulkan layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi dampak negatif video games pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada 1. Bagi kepala sekolah, untuk mengkoordinasi kegiatan bimbingan kelompok seperti kegiatan pembelajaran dan latihan sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu, harmonis, dan dinamis. 2. Bagi konselor, hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan dampak negatif video games pada siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok. 3. Bagi siswa yang mempunyai kebiasaan bermain video games diharapkan dapat mengurangi kebiasaannya tersebut dan dapat mengatur waktu antara bermain video games dengan belajar agar kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak terganggu. 4. Bagi guru bidang studi hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan siswa yang mengalami dampak negatif video games agar dapat termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. 5. Bagi orang tua diharapkan orang tua/wali murid untuk lebih memperhatikan anak-anaknya dalam kegiatan belajar agar dapat belajar dengan baik sehingga tidak terganggu dalam proses belajar mengajar di sekolah. 6. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan melaksanakan penelitian yang sudah ada dengan menggunakan variabel program bimbingan konseling yang berbeda untuk mengurangi dampak negatif video games pada siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 18 Feb 2014 12:07
                    Last Modified: 18 Feb 2014 12:07
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2121

                    Actions (login required)

                    View Item