STUDI KASUS PENERAPAN MODEL KONSELING RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPHY (REBT) UNTUK MENANGANI SISWA UNDERACHIEVER PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PATI TAHUN AJARAN 2012/ 2013.

Atika, Ira Rohmita (2013) STUDI KASUS PENERAPAN MODEL KONSELING RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPHY (REBT) UNTUK MENANGANI SISWA UNDERACHIEVER PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PATI TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Update Test thesis, FKIP UMK.

[thumbnail of Halaman Sampul]
Preview
PDF (Halaman Sampul)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (801kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (112kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstrak

Atika. Ira Rohmita. 2013. Studi Kasus Penerapan Model Konseling Rational Emotif Behaviour Theraphy (REBT) untuk Menangani Siswa Underachiever pada Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pati Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Sukiman, M.Pd., Pembimbing: (ii) Drs. Masturi, M.M. Kata Kunci: Rational Emotif Behaviour Theraphy (REBT), Underachiever. Latar belakang penelitian, kecerdasan dan prestasi sekolah seringkali tidak seimbang siswa yang seharusnya berprestasi tinggi sesuai dengan tingkat kecerdasannya menghasilkan prestasi yang rendah. Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terutama orangtua juga sangat berpengaruh pada prestasi anak, penilaian orangtua akan mempengaruhi anak dalam mempersepsikan dirinya. Begitu juga dengan hubungan keharmonisan orang tua yang kurang baik dapat menghambat pencapaian prestasi anak. Rumusan masalah: 1. Apakah yang menjadi faktor-faktor penyebab underachiever? 2. Apakah penerapan model konseling Rational Emotif Behaviour Theraphy (REBT) efektif untuk menangani siswa underachiever? Tujuan penelitian: 1. Menemukan faktor penyebab siswa underachiever dalam bidang akademik. 2. Untuk mengatasi permasalahan siswa underachiever melalui penerapan model konseling Rational Emotif Behaviour Theraphy (REBT). Pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan kunjungan rumah. Teknik analisis data induktif system Bacon, yaitu peneliti mengumpulkan faktor-faktor tentang kondisi konseli, kemudian baru dapat ditarik kesimpulan tertentu atau pemecahan masalah. Subyek penelitian RC dan NF. Hasil penelitian: Konseli I (RC) permasalahan yang dilatarbelakangi sikap Ayahnya dalam memperlakukan konseli secara kasar dan otoriter menyebabkan konseli merasa rendah diri, RC menganggap dirinya sebagai anak yang tidak berguna dan bodoh sehingga menjadikan prestasinya menjadi rendah. Dalam penanganan konseling individu, digunakan teknik kognitif (dispute logis) dan (dispute tingkah laku) melalui teknik tersebut RC mulai tertantang pada dirinya sendiri untuk menerima pemikiran yang rasional dan berperilaku positif sedangkan teknik (dispute standard ganda) mengupayakan hubungan orangtua dengan konseli harmonis. Sedangkan teknik proyeksi waktu dan analisis rasional, membuat konseli lebih termotivasi secara positif untuk meraih kesempatan di masa depan dan mampu mengoptimalkan kembali kemampuan yang dimilikinya. Kemudian, mempersiapkan konseli dengan teknik homework assignments RC dapat membiasakan diri untuk mengatur pola belajar yang baik serta mengembangkan kemampuan dalam bidangnya. Klien II (NF), kurangnya perhatian dari orangtua dan pengaruh lingkungan yang negatif menyebabkan prestasi NF menurun. Rasa ketidakpedulian terhadap prestasinya yang rendah, serta pemikiran irrasionalnya menjadikan NF menjadi siswa underachiever. Dengan menggunakan teknik (dispute logis, dispute tingkahlaku, dan dispute standard ganda) konseli sudah mampu menerima untuk berfikir rasional, berperilaku positif, dan menjalin hubungan harmonis dengan orangtuanya. Kemudian teknik analisis rasional dan proyeksi waktu, NF menguatkan kembali pemikiran rasionalnya, menunjukkan perubahan positif mengenai tanggapan hasil prestasi belajarnya, dan membatasi dalam pergaulan. Selanjutnya, teknik homework assignments, konseli melatih untuk membiasakan diri dalam berperilaku, berpikir positif dan mengoptimalkan kemampuan prestasi akademik yang dimilikinya. Penulis menyarankan melalui layanan konseling Rational Emotif Behavioristik Theraphy (REBT) untuk menangani siswa underachiever dalam kegiatan belajar dan pribadi, konseli RC dan NF terus meningkatkan kemampuan intelektualnya dan perilaku positif demi masa depan. Bagi Orangtua memberikan motivasi dan menjadi teladan yang baik, Bagi Guru Pembimbing dan Wali kelas menjadi motivator yang baik demi peningkatan kualitas konseli.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Nama : Dr. Sukiman, M.Pd
Kata Kunci: bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2014 07:22
Last Modified: 18 Feb 2014 07:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item