UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI ANGKATAN KIDUL 02 KECAMATAN TAMBAKROMO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Faiqoh, Riska (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI ANGKATAN KIDUL 02 KECAMATAN TAMBAKROMO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (366Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (114Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (189Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (195Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (782Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (148Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (53Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (33Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3187Kb)

                    Abstrak

                    Faiqoh, Riska. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Angkatan Kidul 02 Kecamatan Tambakromo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (ii) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. Kata Kunci : Kemampuan Calistung; Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas III SDN Angkatan Kidul 02 yang mempunyai kemampuan calistung rendah seperti, siswa masih ada yang tertinggal dalam belajar membaca, menulis dan berhitung, siswa kurang paham dengan pelajaran berhitung, kurang berani siswa dalam bertanya kepada guru, serta kurangnya motivasi untuk belajar calistung. Permasalahan yang diteliti: apakah melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas III SDN Angkatan Kidul 02 Kecamatan Tambakromo Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa kelas III SDN Angkatan Kidul 02 dengan pemberian layanan bimbingan kelompok. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan Teoritis. 2. Kegunaan Praktis: Memberi masukan kepada sekolah supaya diperolehnya panduan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung, memberikan peningkatan kinerja guru dalam menunjang program pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru tentang layanan bimbingan kelompok, memberikan masukan pada siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis dan berhitung siswa kelas III SDN Angkatan Kidul 02 dapat meningkat sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk dijadikan bahan kajian penelitian berikutnya. “Upaya meningkatkan kemampuan calistung pada siswa kelas II SDN Angkatan Kidul 02 Kecamatan Tambakromo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa ditunjukkan bila mana siswa mampu memahami suatu konsep membaca, menulis dan berhitung yang diberikan dalam proses pembelajaran, mampu mengemukakan penjelasan dengan kata-kata sendiri tidak sekedar hanya menghafal, selain itu juga siswa dapat menemukan dan menjelaskan kaitan suatu konsep dengankonsep lain yang telah diberikan terlebih dahulu. Dalam memberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan calistung bagi siswa memberikan pemahaman mengenai masalah yang dialami siswa yang tidak disadari mengenai rendahnya kemampuan calistung khususnya pelajaran membaca, menulis dan berhitung, mencegah terjadinya ketidakpahaman dan kesulitan yang dialami siswa dalam belajar membaca, menulis dan berhitung yang dapat menurunkan kemampuan belajar calistung siswa. Hipotesis tindakan bimbingan kelompok ini adalah “bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan belajar calistung siswa kelas III SDN Angkatan Kidul 02 Kecamatan Tambakromo Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, sebanyak 8 siswa yang mempunyai kemampuan calistung rendah berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok (Variabel bebas) dan kemampuan calistung (Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan membahas 6 materi dengan alokasi waktu 45 menit (1 jam pelajaran). Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok kemampuan calistung dan masuk dalam kategori kurang dengan skore rata-rata 13,7%. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I kemampuan calistung menjadi kategori cukup dengan skore rata-rata 20,8%. Sedangkan pada siklus II kemampuan calistung terus meningkat menjadi kategori baik dengan skore rata-rata 33,4%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatakan kemampuan calistung pada siswa kelas III SDN Angkatan Kidul 02. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan calistung. Penulis menyarankan (1) Bagi Sekolah hendaknya bisa memberikan cara pembelajaran yang mudah dimengerti siswa, guna untuk memajukan sekolah khususnya SDN Angkatan Kidul 02. (2) Bagi Guru terutama guru kelas III jangan takut untuk memberikan metode pengajaran yang baru, yang mudah di pahami oleh siswa, sehingga siswa akan senang dan tertarik untuk mempelajarinya. (3) Bagi siswa hendaknya lebih aktif dan berani bertanya pada guru saat KBM berlangsung terutama berkaitan keterampilan membaca, menulis dan berhitung.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 08:58
                    Last Modified: 19 Feb 2014 08:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2126

                    Actions (login required)

                    View Item