Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Stad Di Sd Negeri 1 Megawon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013

Wahyuastuti, Zulhani (2013) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Stad Di Sd Negeri 1 Megawon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Update Test thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (894kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV_new.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_NEW.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (201kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Sebagai perencana pengajaran, seorang guru diharapkan mampu untuk merencanakan kegiatan belajar-mengajar secara efektif. Oleh karena itu, penting bagi seorang guru untuk mengajarkan mata pelajaran IPA dengan model pembelajaran yang tepat. Dalam implementasi pembelajaran IPA lebih menekankan aspek pengetahuan, berpusat pada guru, mengarahkan bahan berupa informasi yang tidak mengembangkan berpikir nilai serta hanya membentuk budaya menghafal dan bukan pemahaman. Namun pada kenyataannya, kegiatan pembelajaran di lapangan guru lebih aktif daripada peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V SD 1 Megawon, diketahui bahwa selama ini guru menggunakan metode pembelajaran konvensional pada saat pembelajaran IPA. Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk menerapkan model pembelajaran STAD sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD 1 Megawon. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Megawon Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 tentang materi pesawat sederhana?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V semester genap di SDN 1 Megawon Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa atau mahasiswa setelah melakukan aktivitas belajarnya yang dinyatakan dalam bentuk nilai angka atau huruf. Sedangkan Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah sebuah strategi pembelajaran kooperatif yang memberi tim berkemampuan majemuk latihan untuk mempelajari konsep dan keahlian Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V SD 1 Megawon yang berjumlah 32 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu model pembelajaran STAD dan variabel terikat yaitu prestasi belajar IPA. Prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai. Prestasi belajar ranah kognitif dan afektif siswa pada pra siklus mendapat nilai rata-rata 57,9. Siklus I diperoleh rata-rata nilai IPA siswa yaitu 64,22. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai IPA siswa adalah 74,06. Prestasi belajar ranah psikomotor siswa pada siklus I diperoleh rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa yaitu 61,9 dengan kualifikasi cukup. Pada siklus II prestasi belajar ranah psikomotor siswa diperoleh rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa yaitu 92,2 dengan kualifikasi sangat baik. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA, sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD 1 Megawon Kudus. Saran yang diberikan kepada guru adalah agar model pembelajaran STAD dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I : Drs. Masturi, M.M. Pembimbing II : Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Prestasi belajar siswa, model pembelajaran STAD
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Date Deposited: 19 Feb 2014 02:05
Last Modified: 19 Feb 2014 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item