Storytelling Method With The Help Of Straw Dolls To Improve Children Receptive Language Skills In Kindergarten

ISMAWATI, SRI and santoso, - and Widjanarko, Mochamad (2022) Storytelling Method With The Help Of Straw Dolls To Improve Children Receptive Language Skills In Kindergarten. Journal of Psychology and Instruction, 6 (2). ISSN 2549-4589

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
9. Jurnal Asli 9 Storytelling Method With The Help Of Straw Dolls To Improve.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of Hasil cek plagiasi]
Preview
Text (Hasil cek plagiasi)
9. Jurnal Turnitin 9 Storytelling Method With The Help Of Straw Dolls To Improve Children Receptive.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstrak

Anak-anak masih mengalami kesulitan dengan bahasa. Karena cara bicara anak bisa lebih jelas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat metode bercerita dengan bantuan boneka jerami untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak. Jenis penelitian ini adalah metode R&D. Subyek penelitian terdiri dari 2 ahli media dan 1 ahli materi, serta 45 anak TK. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil uji validitas menunjukkan n = 10 dan skor signifikansi 5% dengan r tabel 0,632. Hasil yang diperoleh dinyatakan valid karena r hitung > r tabel. Uji validasi dari ahli materi diperoleh skor rata-rata 83,75% dan 93,75% termasuk dalam kategori sangat layak. Sebaliknya, ahli bahasa mendapat skor empat yang termasuk dalam kategori sangat baik. Analisis data untuk menguji keefektifan ditunjukkan pada hasil perhitungan N-Gain pada uji lapangan, sebagai kelas eksperimen diperoleh hasil post-test masing-masing 80,67 dan 80,33. Sebaliknya, untuk kelas kontrol, post-test memperoleh hasil 56,00. Kesimpulan menunjukkan bahwa pengembangan metode bercerita dengan bantuan boneka jerami untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di Taman Kanak-kanak layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media pembelajaran.

Item Type: Article
Kata Kunci: Metode bercerita, Boneka Jerami, Bahasa reseptif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2024 22:55
Last Modified: 23 Jun 2024 22:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21291

Actions (login required)

View Item View Item