UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK MELALUI METODE MENGGAMBAR BERBASIS BIMBINGAN PADA SISWA KELOMPOK 3-4 TAHUN PAUD CLARISTA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Andari, Diah susilo (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL ANAK MELALUI METODE MENGGAMBAR BERBASIS BIMBINGAN PADA SISWA KELOMPOK 3-4 TAHUN PAUD CLARISTA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (376Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (174Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (253Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (352Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (344Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (170Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (150Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (136Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1863Kb)

                    Abstrak

                    Andari, Diah Susilo. 2013. “Upaya peningkatan kemampuan komunikasi verbal anak melalui metode menggambar berbasis bimbingan pada siswa kelompok 3-4 tahun PAUD Clarista Kudus 2012/2013”. Skripsi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Sukiman, M.Pd, (ii) Drs. Arista Kiswantoro. Kata-kata kunci: Bimbingan, Menggambar, Komunikasi. Setiap anak unik dan menarik, keunikan anak di antaranya ditunjukkan pada karakteristik dan potensi yang berbeda. Anak usia dini mulai peka untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa ini merupakan masa penting untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu kemampuan komunikasi verbal. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi verbal pada siswa kelompok 3-4 tahun dan diperoleh peningkatan kemampuan komunikasi verbal setekh diadakan tindakan layanan enggambar berbasis bimbingan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggambar berbasis bimbingan. Peneliti terinspirasi dengan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa art therapy mampu meningkatkan komunikasi verbal, terutama seni rupa, khususnya seni menggambar yang sederhana dan mudah dilakukan, yang tentu saja dilandasi dengan dasar-dasar bimbingan. Komunikasi, terutama komunikasi verbal menjadi point yang sangat penting bagi setiap indvidu untuk berhubungan dengan individu lain, yang kemudian disebut dengan sosialisasi. Hakekat manusia sebagai makhluk sosial, yang saling dibutuhkan dan membutuhkan, akan selalu menggunakan cara untuk bisa berkomunikasi, salah satunya adalah berkomunikasi verbal, yaitu berkomunikasi yang menggunakan alat bicara dan alat dengar sebagai media. Sesuai dengan hasil penelitian yang merupakan penelitian tindakan kelas, menggambar berbasis bimbingan dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak, khususnya pada siswa kelompok umur 3-4 tahun di PAUD Clarista. Basis bimbingan digunakan agar peneliti mampu menggunakan pendekatan dan teori yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak, sehingga memudahkan penyelasaian persoalan yang ada, tanpa mengurangi kepentingan anak dan tujuan yang hendak dicapai. Tentu penelitian ini menjadi berbeda ketika subjek penelitian adalah anak usia dini yang mungkin saja tidak menyadari dirinya sedang bermasalah. Lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial, tetaplah memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak, dengan segala tugas perkembangannya. Karena itu saran yang bisa diberikan peneliti adalah, bagaimanapun orang tua dan guru mempunyai peran yang sangat penting, sehingga menjadi kewajiban merekalah untuk mampu memberikan pengaruh yang baik, keteladanan, serta mampu menjadi motivator yang baik dalam rangka memberikan dan mencukupi mereka akan kebutuhan lingkungan yang kondusif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Dr. Sukiman, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 09:56
                    Last Modified: 19 Feb 2014 09:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2132

                    Actions (login required)

                    View Item