UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MELALUI LAYANAN ORIENTASI PADA SISWA KELAS X SMK SISWA KELAS X SMK DATUK SINGARAJA KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Irawan, Indra (2013) UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI MELALUI LAYANAN ORIENTASI PADA SISWA KELAS X SMK SISWA KELAS X SMK DATUK SINGARAJA KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (402Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (150Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (257Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (235Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (469Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (184Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (100Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb)

                    Abstrak

                    Irawan indra, 2013. “Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Orientasi Pada Siswa Kelas X SMK Datuk Singaraja Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing IDrs. Sumarwiyah, M.Pd. Kons., Dosen Pembimbing II Drs. Masturi, MM. Kata Kunci : Penyesuaian Diri; Layanan Orientasi Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa ternyata ada sebagian siswa kelas X SMK Datuk Singaraja Kedung Jeparayang mengalami persoalan kurangnya penyesuaian diri secara baik di lingkungan sekolah, dikarenakan mereka masih tergolong masa remaja sehingga belum mampu melakukan tindakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pribadi, siswa belum mampu menilai diri secara realistik, siswa belum mampu membina hubungan dengan orang lain, siswa masih banyak yang belum mampu mengontrol emosi, belum mampu bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan, belum mampu memberi rasa nyman kepada orang lain serta masih banyak siswa yang belum memiliki filsafat hidup.Permasalahan yang akan diteliti: Apakah layanan orientasi dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X SMK Datuk Singaraja Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah layanan orientasi dan memperoleh peningkatan kemampuan penyesuaian diri siswasebelum dan sesudah layanan orientasi pada siswa kelas X SMK Datuk Singaraja Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Adapun kegunaan penelitian ini adalah : Kegunaan Teoritis: Dari hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususunya bimbingan dan konseling tentang model-model pembinaan siswa dengan menggunakan layanan orientasi berdasarkan komitmen bersama antara guru pembimbing dengan siswa, penyesuaian diri siswa dapat meningkat dengan signifikan.Kegunaan Praktis: 1. Bagi Sekolah dapat digunakan sebagai acuan kebijakan tentang pentingnya pelaksanaan layanan bimbingan konseling, terutama layanan orientasi untuk membantu perkembangan penyesuaian diri siswa. 2. Konselor dapat dijadikan dapat sebagai bahan acuan atau meningkatkan pelaksanaan layanan-layanan bimbingan dan konseling pada umumnya dan layanan orientasi pada khususnya di sekolah dan untuk menangani permasalahan yang lain. 3. Bagi siswa dapat meningkatkan penyesuaian diri yang ada dalam dirinya, sehingga memudahkan siswa untuk bersosialisasi baik di rumah maupun di sekolah. 4. Peneliti dapat digunakan oleh peneliti dalam membantu siswa yang mengalami masalah rendahnya penyesuaian diri siswa dan dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk memberikan pengarahan kepada siswa tentang penyesuaian diri melalui layanan orientasi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas X SMK Datuk Singaraja Kedung Jepara Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 yang memiliki penyesuaian diri yang rendah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Variabel Penyesuaian diri (Variabel bebas) dan Layanan orientasi (Variabel terikat). Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 kali pertemuan membahas membahas 6 materi setiap siklus alokasi waktu 45 menit per pertemuan. Sedangkan analisis data secara diskriptif komparatif yang dilanjutkan refleksi pada setiap siklus. Hasil analisis: berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas X-1 SMK Datuk Singaraja Kedung Jepara , pada kondisi awal siswa yang penyesuaian diri siswa dalam kategori rendah. Pra Layanan orientasi untuk meningkatkan Penyesuaian diri dengan rata-rata kurang yaitu dengan rata-rata 20,16 (kurang), setelah diberikan layanan orientasi pada siklus I hasil rata-rata skor 29,9 (cukup), dari hasil survei awal penyesuaian diri sampai siklus I ada peningkatan 9,74. Pada siklus II hasil rata-rata skor menjadi 38,6 (baik), dari hasil layanan orientasi siklus I sampai siklus II ada peningkatan 8,7. Kesimpulan:berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa layanan orientasi pada siswa kelas X SMK Datuk Singaraja Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013 ada peningkatan. Hal ini terbukti bahwa siswa aktif dalam proses layanan, siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Peneliti melihat saran kepada: 1. Siswa Pelaksanaan layanan orientasi dalam bimbingan dan konseling yang di terapkan di sekolah juga bisa juga menambah informasi yang baik pada siswa, untuk membentuk penyesuaian diri yang positif, sehingga siswa lebih optimis dan percaya diri dalam segala hal yang berkaitan dengan penyesuaian diri. 2. Guru pembimbing hendaknya mampu memberikan layanan orientasi yang mencakup materi penyesuaian diri secara optimal sesuai dengan kondisi siswa sehingga guru mampu memberikan layanan orientasi dalam bimbingan klasikal dengan maksimal. 3. Sekolah perlu adanya kerja sama yang baik dengan anggota keluarga sekolah (kepala sekolah, guru, dan karyawan) sehingga mampu memberikan layanan orientasi dalam bimbingan pribadi siswa dalam meningkatkan penyesuaian diri.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 10:05
                    Last Modified: 19 Feb 2014 10:05
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2133

                    Actions (login required)

                    View Item