Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Berbantuan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Karangrowo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

Rahmawati, Ita (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Berbantuan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Karangrowo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (983kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (268kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (331kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (324kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (215kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (158kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (170kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia khususnya pada aspek berbicara, menjadi latarbelakang dalam penelitian ini. Kondisi tersebut disebabakan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu cara mengajar guru masih bersifat konvensional sehingga membuat proses pembelajaran menjadi membosankan. Berdasarkan masalah tersebut, rumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode Role Playing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD 3 Karangrowo Undaan Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan apakah penerapan metode Role Playing berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD 3 Karangrowo Undaan Kudus. Metode Role Playing dan media video dipilih karena dalam langkah-langkah Role Playing pembelajarannya mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga keaktifan dan kreatifitas siswa meningkat. Sedangkan penggunaan media video untuk mempermudah siswa dalam pemahaman, karena video menampilkan bentuk visual dan audio yakni belajar dengan mengamati dan menggambarkan sehingga pengalaman belajar menjadi lebih kongkrit. Keterampilan berbicara adalah satu keterampilan mengungkapkan ide atau gagasan secara lisan di depan khalayak yang dapat diamati dari segi keaktifan seseorang dalam berbicara. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Penggunaan Metode Role Playing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SD 3 Karangrowo Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, teknik pengumpulkan datanya ialah tes dan observasi. Data yang diperoleh meliputi data keterampilan berbicara, pengelolaan kelas, dan aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD 3 Karangrowo Undaan Kudus. Hasil penelitian prasikus diperoleh prosentase ketuntasan prasiklus sebesar 27,8% dengan nilai rata-rata klasikal 60, menjadi 44,5% dengan nilai rata-rata klasikal 62,5 pada siklus I. Prosentase ketuntasan berbicara pada siklus II sebesar 77,8% dengan nilai rata-rata klasikalnya yaitu 75,8. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,37 meninggkat pada siklus II sebesar 3,48. Pengelolaan kelas pada siklus I sebesar 3,1 meningkat 3,45 pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role playing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa Kelas V SD 3 Karangrowo Undaan Kudus. Saran bagi peneliti selanjutnya dalam menerapkan metode Role Playing hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan karena tidak semua materi dapat pelajari melalui bermain peran. Peggunaan media video harus dipersiapkan secara matang, karena untuk mempersiapkan pemutaran video membutuhkan waktu yang banyak dan tenaga ahli.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing II : Eka Zuliana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Role Playing, Video, Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 03:45
Last Modified: 19 Feb 2014 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item