UPAYA MENGATASI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI ULANGANDENGAN PENDEKATAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE THERAPY DI SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS

Fitriyani, Eva (2013) UPAYA MENGATASI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI ULANGANDENGAN PENDEKATAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE THERAPY DI SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (929Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (108Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1031Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (355Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (656Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (245Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (58Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (39Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb)

                    Abstrak

                    Fitriyani, Eva.2013. Upaya Mengatasi Kecemasan Dalam Menghadapi Ulangan Dengan Pendekatan Konseling Rational Emotive Therapy di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus.Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Dra. Sumarwiyah, M.Pd.Kons, Dosen Pembimbing II Drs. Sunardi. Kata Kunci:Konseling RET, Kecemasan Menghadapi Ulangan Latar belakang penelitian ada sebagian siswa yang mengalami kecemasan ketika menghadapi ulangan atau tes dengan gejala-gejala khawatir, tegang, emosional, gangguan dan hambatan dalam menyelesaikan tugas.Sedangkan dari hasil pengamatan selama ini pelaksanaan bimbingan konseling belum berjalan optimal.Pelaksanaannya masih secara klasikal di dalam kelas, sehingga belum dapat mengentaskan permasalahan siswa secara individual.Rumusan masalah: Bagaimana penerapan konseling RET dengan menggunakan teknik relaksasi dalam mengatasi kecemasan siswa menghadapi ulangan atau tes?. Tujuan penelitian: 1. Menemukan faktor-faktor penyebab kecemasan klien dalam menghadapi ulangan atau tes. 2. Untuk mengetahui keefektifan konseling RET dengan menggunakan teknik relaksasi dalam mengentaskan kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan atau tes. Kegunaan penelitian: 1. Kegunaan Teoritis: Menambah khasanah perpustakaan. 2. Kegunaan Praktis: a. Bagi Kepala Sekolah, sebagai acuan dalam menentukan kebijakan dalam mendukung pelaksanaan program BK di sekolah. b. Bagi Konselor, Dapat digunakan sebagai panduan dalam memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. c. Bagi siswa membantu mengatasi kecemasan dalam menghadapi ulangan atau tes. Kecemasan merupakan reaksi emosi sementara yang timbul pada situasi tertentu yang dirasakan sebagai ancaman, misalnya mengikuti tes.Faktor-faktor penyebab adalah faktor internal meliputi tingkat religiusitas yang rendah, rasa pesimis, takut gagal, pengalaman negatif masa lalu, dan pikiran yang tidak rasional.Faktor eksternal seperti kurangnya dukungan sosial.Pengentasannya melalui konseling RET untuk memperbaiki dan merubah sikap dan cara berpikir yang irasional dan tidak logis menjadi pandangan yang rasional dan logis. Melalui teknik relaksasi, reinforcement, dan persuasif. Pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data induktif system Bacon, yaitu peneliti mengumpulkan faktor-faktor tentang kondisi konseli, kemudian baru dapat ditarik kesimpulan tertentu atau pemecahan masalah.Subyek penelitian JS, ABK, dan ACP. Hasil penelitian: Klien I (JS) mengalami kecemasan dalam menghadapi ulangan atau tes karena trauma pada pengalaman pahit masa lalu yaitu pernah mengalami tinggal kelas waktu di kelas 2 SD dan kondisi ekonomi keluarga kurang mampu.Melalui konselingRET teknik relaksasiklien terentaskan dari kecemasan ditandai rileks, tenang dan lebih percaya diri. Klien II (ABK) mengalami kecemasan menghadapi ulangan atau tes karena karena kurang percaya diri akan kemampuannya dan motivasi belajar yang rendah.Melalui konseling RET teknik Reinforcementklien terentaskan dari kecemasan ditandai rileks, tenang dan lebih percaya diri. Klien III (ACP) mengalami kecemasan menghadapi ulangan atau tes karena kekhawatiran akan kegagalan, frustasi pada hasil tindakan yang lalu dan rendahnya kreativitas belajar. Melalui konseling RET teknik persuasif klien terentaskan dari kecemasan ditandai rileks, tenang dan lebih percaya diri.Pembahasan klien I (JS) melalui teknik relaksasi klien diajarkan melaksanakan relaksasi otot dengan menghirup nafas dalam-dalam kemudian melepaskan perlahan-perlahan sambil melakukan istigfar sehingga klien menjadi rileks, tenang dan lebih percaya diri.Klien II (ABK) melalui teknik reinforcementklien diberikan terapi penghargaan dan juga hukuman sehingga klien dapat merubah tingkah laku irasional menjadi rasional.Klien III (ACP) melalui teknik persuasive klien diajarkan bagaimana mempersiapkan diri dalam menghadapi tes yaitu dengan rajin belajar secara kontinyu, rajin membaca, dan mengerjakan latihan soal sehingga pada saat menghadapi ulangan klien sudah siap dan tidak mengalami kecemasan. Simpulan dari penelitian melalui layanan konseling RETteknik relaksasi, reinforcement dan persuasif dapat merubah kecemasan siswa dalam menghadapi ulangan maupun tes.Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi klien I (JS) trauma pengalaman pahit masa lalu dan kondisi ekonomi keluarga, klien II (ABK) kurang percaya diri dan motivasi belajar rendah, klien III (ACP) perasaan khawatir akan kegagalan dan kurang perhatian dari orang tua. Disarankan Bagi konselor dapat mendeteksi problem siswa terkait dengan kecemasan secara intensif.Bagi siswa yang memiliki kecemasan menghadapi ulangan atau tes agar berpartisipasi aktif dalam proses konseling RET.Bagi peneliti selanjutnya menyempurnakan teknik konseling RET melalui teknik yang beragam untuk mengentaskan sikap kecemasan dalam menghadapi ulangan atau tes.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 10:52
                    Last Modified: 19 Feb 2014 10:52
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2138

                    Actions (login required)

                    View Item