Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Waktu Dan Sudut Kelas V Sd 2 Hadipolo Jekulo Kudus Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht)

Zawawi, Achmad (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Waktu Dan Sudut Kelas V Sd 2 Hadipolo Jekulo Kudus Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht). Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (142kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (72kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (516kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (17kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (19kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam pembelajaran matematika di SD 2 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus masih monoton. Cara penyampaian materi cenderung menggunakan teknik ceramah, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru saja. Oleh karena itu, hasil belajar matematika kelas V SD 2 Hadipolo masih rendah. Untuk memecahkan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini maka diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yang melatih siswa belajar secara kelompok untuk memecahkan masalah bersama-sama. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 2 Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus pada materi waktu dan sudut”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi waktu dan sudut melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SD 2 Hadipolo. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang inovatif dan cocok bagi penelitian ini model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok dengan langkah-langkah 1) penomoran, 2) mengajukan pertanyaan, 3) berfikir bersama, dan menjawab. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD 2 Hadipolo Jekulo Kudus dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian dilaksanakan selama 7 bulan yaitu bulan Maret sampai dengan September 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahap tindakan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 2 Hadipolo berjumlah 27 siswa diantaranya 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dokumentasi, dan instrumen. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berhasil jika 70% siswa tuntas dengan rata-rata diatas 70. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi waktu dan sudut. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa mencapai 68,51 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 55,56%. Pada siklus I nilai rata-rata 73,70 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 62,97%. Pada siklus II nilai rata-rata 85,74 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88,89%. Pada pengelolaan guru dalam model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) siklus I pertemuan I diperoleh skor 51 dengan rata-rata 67,10%, sedangkan pertemuan II dengan skor 30 dengan rata-rata 68,18%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh skor 66 dengan skor rata-rata 86,84% dan pertemuan II diperoleh skor 37 dengan rata-rata 84,09%. Hal ini berarti dapat disumpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan pengelolaan pembelajaran guru pada kelas V SD 2 Hadipolo dalam mata pelajaran matematika. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah yang pertama sebaiknya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dilaksanakan untuk kelas kecil (jumlah siswa antara 20-30 siswa). Kedua guru hendaknya menyampaikan materi menggunakan alat peraga agar siswa tertarik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Pembimbing II : Sumaji, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: asih winarti
Tanggal Deposit: 19 Feb 2014 04:19
Last Modified: 19 Feb 2014 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item