MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP 1 JATI

Astuti, Eny Puji (2013) MENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI PADA SISWA KELAS VIII A SMP 1 JATI. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (470Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (224Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (506Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (509Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (365Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (174Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (198Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (193Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb)

                    Abstrak

                    Astuti, Eny Puji. 2013. “Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Pada Siswa Kelas VIII A SMP 1 Jati Kudus”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (1) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., (2) Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. Kata-kata kunci: Karakter Mandiri; Bimbingan Kelompok Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah diketahuinya siswa kelas VIII A SMP 1 Jati Kudus yang memiliki karakter mandiri rendah, diantaranya ditandai dengan masih adanya ketergantungan dengan temannya dalam mengerjakan tugas-tugasnya seperti PR, malas dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, tidak percaya diri, serta sering menyontek pekerjaan temannya saat ulangan. Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimanakah bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan karakter mandiri siswa kelas VIII A SMP 1 Jati Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan karakter mandiri siswa sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi, (2) Untuk memperoleh peningkatan karakter mandiri siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi pada siswa kelas VIII A SMP 1 Jati Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Kegunaan penelitian: Teoritis yaitu dapat memberikan kontribusi dalam memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan dan konseling sebagai bahan referensi untuk penelitian mengenai karakter mandiri siswa. Praktis: (1) Bagi kepala sekolah, Sebagai bahan informasi ilmiah tentang pentingnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, terutama bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan karakter mandiri siswa. (2) Bagi Konselor, Sebagai bahan acuan untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan sungguh-sungguh dan mengetahui betapa pentingnya layanan bimbingan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok terhadap karakter mandiri siswa. Karakter mandiri adalah sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas (Aqib dan Sujak, 2011: 7). Bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok (Romlah, 2006: 3). Menurut Adams (dalam Romlah, 2006: 118) permainan simulasi yaitu permainan yang dimaksudkan untuk merefleksikan situasi-situasi yang terdapat dalam kehidupan yang sebenarnya. Hipotesis penelitian ini adalah Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi dapat Meningkatkan Karakter Mandiri Siswa Kelas VIII A SMP 1 Jati Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juni bertempat di SMP 1 Jati Kudus. Variabel dalam penelitian ini: karakter mandiri sebagai variabel terikat; bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi sebagai variabel bebas. Subyek yang diteliti yaitu siswa kelas VIII A sebanyak 9 siswa yang mempunyai karakter mandiri kurang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya ada 3 pertemuan. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok diketahui bahwa dari 9 siswa, ada 4 siswa dengan kategori sangat kurang dan 5 siswa dalam kategori kurang, hasil ini berdasarkan 5 aspek yang menjadi indikator karakter mandiri. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I pencapaian 9 siswa tersebut meningkat dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II hasil observasi kondisi siswa meningkat ada 9 siswa dengan kategori baik. Oleh karena itu pelaksanaan tindakan bimbingan kelompok sebagai upaya meningkatkan karakter mandiri siswa yang kurang, cukup sampai siklus II saja. Dapat disimpulkan dari hasil siklus I dan siklus II bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok telah terjadi peningkatan pada karakter mandiri siswa. Saran: (1) Kepala sekolah, adanya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, terutama bimbingan kelompok dapat membantu meningkatkan karakter mandiri siswa. (2) Konselor, dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan lebih sungguh-sungguh dan mengetahui betapa pentingnya layanan bimbingan konseling bagi siswa khususnya layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi terhadap karakter mandiri siswa. (3) Peneliti berikutnya, diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengadakan serta mengembangkan penelitian selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian ini sebagai tambahan pengetahuan dan referensi terutama yang berkaitan dengan karakter mandiri siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 20 Feb 2014 13:21
                    Last Modified: 20 Feb 2014 13:21
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2149

                    Actions (login required)

                    View Item