Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V Sdn Sumbermulyo Rembang

Alimah, Siti (2013) Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V Sdn Sumbermulyo Rembang. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (239Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (54Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (285Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (130Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (297Kb) | Request a copy
            [img] PDF (bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (91Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (33Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (36Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4062Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan sesekali bertanya kepada siswa tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan ide dan gagasannya. Hal ini yang menyebabkan siswa menjadi kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran karena siswa tidak dituntut untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran dan siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran tersebut, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah penerapan model Inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan (2) apakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V SDN Sumbermulyo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri dan menemukan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Sedangkan Inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Hipotesis tindakan adalah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya bagi siswa kelas V SDN Sumber Mulyo Rembang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Sumber Mulyo Rembang dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar IPA. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai prestasi belajar IPA siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang cukup signifikan antara siklus I (66,67%), dan siklus II (88%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa pada siklus I 69,39% (baik) menjadi 77,42% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model inkuiri juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,67 (baik) menjadi 79,86% (baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo Rembang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sumbermulyo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo Rembang. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model inkuiri, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing I : Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing II : Khamdun, S.Pd., M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Prestasi Belajar, Sifat-Sifat Cahaya
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: asih winarti
                    Tanggal Deposit: 20 Feb 2014 13:54
                    Last Modified: 20 Feb 2014 13:54
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2151

                    Actions (login required)

                    View Item