PURWANINGSIH, YENI (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD 2 TUMPANGKRASAK KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (538kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (245kB) |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran matematika siswa kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Kudus kurang maksimal. Selain itu, siswa tidak dapat memecahkan masalah pada materi menjumlahkan dan mengurangkan pecahan sehingga prestasi belajar dan aktivitas siswa rendah. Fakta rendahnya prestasi belajar tersebut terlihat dari nilai ulangan harian pada materi pecahan dengan nilai rata-rata 31,36 (KKM 65) dengan ketuntasan klasikal 9,09%. Untuk meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas tersebut, peneliti memberi tindakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Prestasi belajar matematika adalah hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika yang dinyatakan dalam bentuk angka. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization adalah suatu model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu. Pecahan adalah bilangan yang menggambarkan bagian dari keseluruhan yang dinyatakan dalam bentuk a/b, a dan b merupakan bilangan bulat dan b ≠ 0. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Lokasi penelitian di SD 2 Tumpangkrasak Kudus tahun pelajaran 2012/2013, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Kudus tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dan aktivitas belajar yang signifikan. Pada siklus I nilai rata-rata 68,86 dengan ketuntasan klasikal 68,18%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal 81,82%. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 67,19% dan siklus II meningkat menjadi 81,77%. Rata-rata aktivitas pengelolaan pembelajaran guru juga terjadi peningkatan, yaitu siklus I sebesar 73,44% dan siklus II meningkat menjadi 83,86%. Jadi penelitian ini sesuai dengan hipotesis tindakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Berdasarkan fakta empirik tersebut disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika materi menjumlahkan dan mengurangkan pecahan siswa kelas IV SD 2 Tumpangkrasak Kudus tahun ajaran 2012/2013. Pihak peneliti berikutnya yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization disarankan untuk lebih membimbing siswa dalam pemecahan masalah, lebih memberikan pengertian kepada siswa tentang tanggung jawab kelompok, dan lebih melakukan pengaturan waktu dalam pelaksanaan tugas individu dan kelompok.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs.Masturi,M.M Pembimbing 2 : Eka Zuliana,S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata kunci: Prestasi Belajar Matematika, Team Assisted Individualization, Pecahan. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 06:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 06:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2165 |
Actions (login required)
View Item |