PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA KELAS V SDN NGAGEL 01 KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI

TUSWARIAN, NOVA (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA KELAS V SDN NGAGEL 01 KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (940Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (241Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (371Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (573Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1133Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (284Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (228Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (162Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (10Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Ngagel 01 cenderung berpusat pada guru dan penggunaan media yang kurang variatif. Hal ini mengakibatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi rendah. Tindakan sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi diperlukan media yang tepat. Salah satunya dengan menerapkan media gambar seri. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah dengan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi dan kelas V SDN Ngagel 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati? Tujuan penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Ngagel 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik penegumpulan data yang diperoleh meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data keterampilan menulis karangan, pengeloaan kelas, dan keaktifan siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitataif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data hasil pengamtan aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Hasil penelitian menggunakan media gambar seri menunjukan adanya peneningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SD Negeri Ngagel 01. Hasil pre test menunjukan nilai rata-rata sebesar 61, 73, ketuntasan belajar klasikal 20%. Pada siklus I rata-rata nilai kelas sebesar 69, ketuntasan secara klasikal 60%, persentase keaktifan siswa 63,51% dan pengelolaan pembelajaran oleh guru sebesar 71,55%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,23, ketuntasan secara klasikal 76,67%, persentase keaktifan siswa 79,48% dan pengelolaan pembelajaran oleh guru 85,71%. Simpulan dari hasil penelitian ini melalui gambar seri dapat meningkatkan aktivitas belajar, pengelolaan pembelajaran oleh guru, dan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Ngagel 01. Peneliti menyarankan untuk pembelajaran menulis sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa, agar siswa lebih senang dalam pembelajaran menulis.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing 1 : Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd Pembimbing 2 : Henry Suryo Bintoro S.Pd,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Menulis Karangan Deskripsi, Media Gambar Seri
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 13:58
                    Last Modified: 24 Feb 2014 13:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2166

                    Actions (login required)

                    View Item