CHABIB, IBNU (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TEKNIK TANDUR PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I SDN 2 KEDUMULYO PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (264kB) |
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkanobservasiawal yang dilakukan di kelas IV SDN 2 Kedumulyo, dalam proses pembelajaranditemukanhasil belajarsiswa yang rendah. Jika dianalisis secara umum penyebabnya bisa dari pembelajaran yang monoton,saranadanprasaranakurangmemadai yang akanmenyebabkankurangberhasilnyatujuanpembelajaran.Kegiatanpembelajaran di SDN 2 Kedumulyo yang selamainidigunakandalammengajarkanmateri KPK dan FPB ialahsiswahanyamendengarkanpenjelasan guru tentangmateri, kemudianmengerjakansoallatihan di bukutugasataubuku LKS yang dimilikisiswa.Hal ini dapat berdampak pada polabelajarsiswayang akan menirucontoh yang telahdiajarkan guru sehinggasiswaterjebakdalamrutinitaspenyelesaiansoal yang cenderungmonoton. Hal inilah yang menyebabkanpemahamansiswaterhadapkonsepmatematikakurang optimal.Untukitu, diperlukanalternatifperbaikandenganmenerapkan model quantum teachingteknik TANDUR. TujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikanapakahhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikamateriKPKdanFPBdapatmeningkatdenganditerapkannya model quantum teachingteknik TANDUR padasiswakelas IV SDN 2 KedumulyoPati. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN 2 Kedumulyo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 2 Kedumulyo yang berjumlah 28 siswa yang terdiri 16 putra dan 12 putri. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model PTK menurut Kemmis & Mc. Taggart. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test dan non-test. Metode tes berupa tes tertulis pada akhir siklus. Metode non-test berupa lembar observasi yang digunakan untuk menilai pengelolaan guru dalam menerapkan model pembelajaran quantum teahing teknik TANDUR dan menilai aktivitas siswa dalam melakukan pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi foto dan tes. Analisis data yang digunakanialah data kuantitatif yang berbentukangka-angkadan datakualitatif yang dinyatakandalam kata-kata atausimbol. Hasilpenelitianterdapatpeningkatan rata-ratanilaihasilbelajarmatematika siswa padamateriKPK dan FPB yang cukupsignifikanantaraprasiklus (54,82), siklus I (63,57), dansiklus II (70,35) dan didukung dengan peningkatan aktivitas belajarmatematikasiswadari siklus I 56,36% (tinggi) menjadi 66,56% (tinggi)di siklus II. Pengelolaanpembelajaranquantum teaching jugamengalamipeningkatandari I 72,5% (tinggi)menjadi83,3% (sangattinggi) padasiklus II. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum teachingdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikamaterikpk dan fpbpadasiswakelasIV SDN 2 Kedumulyo Pati. Berpijakdaripenelitianini, penelitimenyarankanantara lain: Bagi siswa; pada saat mengikuti proses pembelajaranhendaknyamemperhatikandengansungguh-sungguhdanterlibataktifdalam proses pembelajaran. Bagi guru;apabilamengalamipermasalahanpembelajaran yang identikseperti yang penelitihadapi, guru dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif misalnya model pembelajaran quantum teaching dan menggunakan media yang bervariasi sebagai alat untuk menarik perhatian siswa dengan tetap mengoptimalkan pembelajaran di kelas. Bagi sekolah;sekolahhendaknyamenyediakansaranadanprasarana yang diperlukanuntukmemperlancar proses pembelajaran, termasuk media-media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs.Moh,Kazannudin,M.Pd. Pembimbing 2 : Sumaji,S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Kata Kunci :Hasilbelajar, Quantum TeachingTeknik TANDUR |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ririn Mela Safitri |
Date Deposited: | 24 Feb 2014 06:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2014 06:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2167 |
Actions (login required)
View Item |