PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD 1 MEJOBO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014

Farih, AnniNailul (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SD 1 MEJOBO KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (1105Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (274Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (429Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (491Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (381Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (313Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (253Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (262Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (16Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas V SD 1 Mejobo menunjukan hasil belajar siswa belum maksimal. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran cenderung pasif. Selain itu, saat pembelajaran IPS, guru kurang dalam menggunakan pendekatan atau strategi pembelajaran dan juga kurangnya media pembelajaran IPS.Implikasi dari keadaan tersebut ialahpencapaian ketuntasan klasikalnya adalah 47,82%. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini ialahbagaimana metode pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar IPS, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dalam pembelajaran IPS materi Tokoh-Tokoh Sejarah Masa Pengaruh Agama Hindu, Budha, dan Islam di Indonesiapada siswa kelas V SD 1 Mejobo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar IPS, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dalam pembelajaran IPS materi Tokoh-Tokoh Sejarah Masa Pengaruh Agama Hindu, Budha, dan Islam di Indonesiapada siswa kelas V SD 1 Mejobo dengan menggunakan metode pembelajaran Scramble. Metode penelitian terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan obsevasi, serta refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa dan guru kelas V pada SD 1 Mejobo Kecamatan MejoboKabupaten Kudus tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 25 terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel penelitian: (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas belajar siswa, (3)keterampilan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengamati berlangsungnya proses pembelajaran, dokumentasi untuk mengetahui data siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, catatan lapangan untuk mengetahui keadaan pembelajaran IPS yang telah berlangsung, dan wawancara untuk mengetahui keadaan siswa, pembelajaran IPS, dan cara guru mengajar IPS sebelum penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Scramble dapat meningkatkanhasil belajar, aktivitas belajar IPS, dan keterampilan guru mengelola pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ≥ 65 menunjukkan persentase 60%. Pada siklus II meningkat dengan memperoleh persentase 84%. Persentase aktivitas siswa dengan kualifikasi ≥ baik, pada siklus I memperoleh persentase 43,75% dengan kualifikasi kurang. Pada siklus II meningkat dengan persentase 87,5% dengan kualifikasi baik. Hasil observasi keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase 69% dengan kualifikasi baik. Pada siklus II meningkat menjadi persentase 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil secara keseluruhan pada hasil belajar dan aktivitas belajar siswa serta keterampilan guru sudah baik dan sudah melebihi batas indikator keberhasilan penelitian. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui metode pembelajaran Scrambledapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru. Saran yang dapat disampaikan olehpenulisadalah sebaiknya guru dalam setiap pembelajaran perlu merencanakan strategi pembelajaran serta mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa, memecahkan suatu masalah dalam materi pembelajaran akan lebih mudah jika diselesaikan secara kelompok. Untuk siswa diharapkan untuk lebih percaya diri dan aktif dalam melaksanakan pembelajaran secara kelompok, serta memperhatikan instruksi guru saat pembelajaran berlangsung. Untuk peneliti, dapat melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek yang lain, untuk mengembangkan pembelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing 1 : Drs.Moh.Kazannudin,M.Pd. Pembimbing 2 : Aisyah Nur SN.,S.Pd.,M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Scramble
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 13:57
                    Last Modified: 24 Feb 2014 13:57
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2168

                    Actions (login required)

                    View Item