KARUNIAEKAWATI, SYARIFATUN (2024) Pengaruh kualitas layanan pandawa (pelayanan administrasi melalui whatsapp) dan switching cost terhadap loyalitas melalui kepuasan peserta Jaminan kesehatan nasional (jkn). Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 6)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan nasional dengan cakupan peserta terbanyak di dunia. Loyalitas perlu diteliti untuk menjaga keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui kepuasan peserta. Pada saat terjadinya COVID-19, BPJS Kesehatan melakukan inovasi dengan membuka kanal layanan non tatap muka melalui WhatsApp yang dikenal dengan Pandawa. Adanya COVID-19 membuat penggunaan layanan kesehatan program JKN mengalami penurunan dan dengan diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan terdapat perubahan iuran bagi peserta sehingga perlu dilakukan penelitian pengaruh switching cost dalam loyalitas peserta JKN. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner menggunakan google form kepada peserta JKN yang mengakses Pandawa pada bulan Oktober 2023 sebanyak 190 responden melalui WhatasApp blast. Keterbaruan penelitian ini adanya inovasi layanan administrasi kepesertaan melalui Pandawa yang masih jarang dilakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik structural equation modeling (SEM) untuk menganalisis pengaruh antar variabel. Langkah analisis yang digunakan menggunakan structural equation modeling dengan software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan Pandawa tidak berpengaruh terhadap loyalitas peserta tetapi berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan peserta. Switching cost berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan dan loyalitas peserta. Kepuasan peserta mampu memediasi secara penuh kualitas layanan Pandawa dan berperan sebagai mediator parsial pada switching cost.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1Dr. H. Mochamad Edris, Drs., M.M DOSEN PEMBIMBING 2:Sutono, SE., M.M., PhD |
Kata Kunci: | Kualitas Layanan Pandawa, Switching Cost, Loyalitas, JKN, Kepuasan |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Manajemen. Manajemen industri |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Magister Manajemen (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 23:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 23:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
