Mengatasi siswa putus asa dalam belajar menggunakan layanan konseling Eksistensial humanistik

Zaen, Widyana (2024) Mengatasi siswa putus asa dalam belajar menggunakan layanan konseling Eksistensial humanistik. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: ( 1 ) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan munculnya rasa putus asa dalam belajar pada siswa SMP N 3 Juwana. ( 2 ) Untuk diperolehnya pengetahuan mengenai cara mengatasi siswa putus asa dalam belajar pada siswa SMP N 3 Juwana menggunakan layanan konseling eksistensial humanistik. Sikap putus asa akan menjadikan seseorang tidak memiliki semangat dan motivasi lagi untuk menjadi yang lebih baik. Putus asa dalam belajar adalah sikap seseorang yang telah merasa gagal dalam mewujudkan cita-cita, mimpi, atau harapan, dan tidak mempunyai keinginan untuk berusaha atau bekerja lebih keras lagi. Tentunya putus asa dalam belajar ini adalah hal yang harus di hindari pada siswa yang masih menempuh Pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk studi kasus yang dilaksanakan di SMP N 3 Juwana. Subjek dalam penelitian ini ada 2 siswa yaitu ASA dan KAI yang mengalami sikap putus asa dalam belajarnya dan konseling selama tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pemberian layanan konseling eksistensial humanistik, konseli mampu mengubah tingkah lakunya yang bermasalah menjadi tingkah laku yang konseli harapkan yaitu siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran, siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu dan memperoleh nilai yang maksimal. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling eksistensial humanistic dapat membantu permasalahan siswa dalam putus asa belajar di SMP N 3 Juwana. Pada penelitian ini, peneliti mengharapkan siswa mampu mempertahankan tingkah lakunya dengan baik sehingga tidak mengalami putus asa dalam belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M. Pd. Kons, dosen pembimbing I Dr. Richma Hidayati, S. Pd., M. Pd. dosen pembimbing II
Kata Kunci: : Putus Asa dalam Belajar, Konseling Eksistensial Humanistik
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Jul 2024 18:56
Last Modified: 30 Jul 2024 18:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item