PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA PENDEK ANAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS V SDN BOGOTANJUNG 02 PATI

SETIAWAN, ARIS (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA PENDEK ANAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BAGI SISWA KELAS V SDN BOGOTANJUNG 02 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (581kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (633kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (950kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (540kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (81kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
Download (82kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Pengajaran sastra merupakan bagian dari pembelajaran bahasa Indonesia. Keempat keterampilan berbahasa terintegrasi dalam pembelajaran sastra. Kebanyakan siswa SD kurang gemar dalam membaca. Mereka kurang mengenal karya-karya sastra termasuk cerpen. Hal ini berakibat rendahnya hasil belajar materi cerpen anak yang masih rendah. Fakta di lapangan, menunjukkan pembelajaran bahasa Indonesia sangat membosankan karena penyampaian materi yang kurang menarik dan masih menggunakan model konvensional. Hal ini berakibat pada pembelajaran yang abstrak, tidak bermakna bagi siswa dan siswa tidak memahami materi dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita pendek anak dapat meningkat dengan diterapkannya model role playing pada siswa kelas V SDN Bogotanjung 02 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia kelas V semester 2 melalui model role playing pada materi cerita pendek anak di SDN Bogotanjung 02 Pati tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu cerpen anak dan role playing. Cerpen anak adalah cerita fiksi yang pendek untuk anak dan selesai dibaca dalam sekali duduk. Sedangkan role playing adalah model pembelajaran yang menuntut siswa mendramatisasikan materi pelajaran atau memainkan peran untuk tujuan-tujuan tertentu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan secara signifikan ketuntasan belajar siswa pada materi cerpen anak pada siklus 1 (86%) menjadi (95%). Dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 75,00 pada siklus 1 dan pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,57. Peningkatan ketuntasan belajar siswa, didukung dengan peningkatan keaktifan siswa dari siklus 1 (76%) menjadi (83%) pada siklus 2. Sedangkan unjuk kerja siswa dalam bermain peran meningkat dari siklus 1 (71%) menjadi (75%) pada siklus 2. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita pendek anak bagi siswa kelas V SDN Bogotanjung 02 Pati. Penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita pendek anak kelas V SDN Bogotanjung 02. Disarankan bagi guru menggunakan model role playing untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran. Dalam bermain peran, siswa sebaiknya dapat memerankan tokoh drama dengan fleksibel tanpa harus terpaku dengan dialog naskah drama. Diharapkan sekolah dapat lebih meningkatkan pemberdayaan model pembelajaran role playing dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: pembimbing I:2. Dr. Murtono, M.Pd., Ka. pembimbing II: 3. Khamdun, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: hasil belajar, cerpen anak, role playing
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 06:57
Last Modified: 24 Feb 2014 06:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item