PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 2 BULUNGKULON JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013

IDAYANI, TRI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 2 BULUNGKULON JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (572Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (261Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (887Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (644Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (19Mb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (665Kb) | Request a copy
              [img]
              Tinjau ulang
              PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
              Download (75Kb) | Tinjau ulang
                [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (5Mb) | Request a copy

                  Abstrak

                  Penelitian ini dilatarbelakangi karena prestasi belajar IPA siswa kelas V SD 2 Bulungkulon masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPA. IPA merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa ketika bersekolah karena menjadi salah satu mata pelajaran ujian nasional. Tetapi banyak siswa yang kesulitan mengidentifikasi konsep IPA.Oleh sebab itu, dengan model pembelajaran Numbered Head Together diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk memperoleh peningkatan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V semester II SD 2 Bulungkulon Jekulo Kudus tahun ajaran 2012/2013. Numbered Head Together adalah model pembelajaran dimana setiap siswa diberi nomor kemudian dibuat kelompok dan guru memanggil nomor siswa secara acak. Prestasi belajar IPA adalah hasil yang telah dicapai seseorang setelah belajar IPA. IPA adalah kumpulan teori tentang gejala alam melalui metode ilmiah. Dalam penelitian ini terbatas pada materi sifat-sifat cahaya. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas V semester II SD 2 Bulungkulon Jekulo Kudus tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas instrumen menggunakan validitas empiris dengan rumus Product Moment sedangkan uji reliabilitas data menggunakan teknik K.R 20. Hasil pengamatan kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 46% dengan rata-rata 68,4 meningkat pada siklus I menjadi 56% dengan rata-rata 70,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 76% dengan rata-rata 72,6. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 66% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 78% di siklus II dengan kualifikasi baik. Aktivitas peneliti pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 66% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan kualifikasi sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD 2 Bulungkulon tahun ajaran 2012/2013.Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: pembimbing 1 : Drs. Masturi, M.M, pembimbing 2 : Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd
                  Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Prestasi Belajar IPA, Numbered Head Together
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                  Depositing User: Ririn Mela Safitri
                  Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 13:56
                  Last Modified: 24 Feb 2014 13:56
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2171

                  Actions (login required)

                  View Item