UPAYA MENINGKATKAN PEMANTAPAN CITA-CITA SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS X-9 SMA N 2 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Fauziyah, Yeny (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMANTAPAN CITA-CITA SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS X-9 SMA N 2 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (626Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (196Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (291Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (269Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (695Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (204Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (176Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (238Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb)

                    Abstrak

                    Fauziyah, Yeny. 2013. Upaya Meningkatkan Pemantapan Cita-cita Siswa Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas X-9 SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i) Dr. Sunardi, (ii) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, Kata Kunci : Pemantapan Cita-cita Siswa, Layanan Informasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, di SMA N 2 Bae Kudus khususnya pada kelas X-9 diperoleh hasil yang menunjukkan rendahnya tingkat pemantapan cita-cita yang sehingga diperlukan upaya bantuan melalui layanan informasi. Rumusan Permasalah penelitian ini adalah bagaimana layanan informasi dapat meningkatkan pemantapan cita-cita pada siswa kelas x-9 SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Dideskripsikan pemantapan cita-cita sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi pada siswa kelas X-9 SMA N 2 Bae Kudus, 2. Diperoleh peningkatan pemantapan cita-cita melalui layanan informasi pada siswa kelas X-9 SMA N 2 Bae Kudus. Kegunaan penelitian ini adalah: 1) Teoritis: hasil penelitian ini dapat menambah kontribusi sehingga dapat memberikan manfaat bagi siswa dalam menghadapi masalah pemantapan cita-cita siswa. 2) Tujuan Praktis: 1. Bagi Konselor, Sebagai acuhan untuk meningkatkan pemantapan pada siswa melalui pemberian layanan. 2. Bagi Siswa, Bagi siswa yang kurang mantap dalam cita-citanya supaya lebih memantapkan cita-citanya tersebut. 3. Bagi Kepala Sekolah, Dapat digunakan sebagai dasar kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Hipotesis penelitian ini adalah Layanan informasi dapat Meningkatkan Pemantapan Cita-cita siswa kelas X-9 SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMA N 2 Bae Kudus. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode pendukung. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah PTBK dengan pelaksanaan penelitian sebanyak 2 siklus, siklus I sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil observasi pra siklus menunjukan pemantapan cita-cita siswa cukup sebanyak 2 siswa (6,25%), kategori kurang sebanyak 23 siswa (71,9%), dan dalam kategori sangat kurang sebanyak 7 siswa (21,9%). Pada siklus I pemantapan cita-cita siswa meningkat ada 11 (34%) siswa masih dalam kriteria kurang (K), serta ada 18 siswa (56%) masuk dalam kriteria cukup (C), dan ada 3 siswa (9%) yang sudah mulai masuk dalam kriteria baik (B), dengan rata-rata peningkatan sebesar (54,8%) yang masuk kategori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil 29 siswa (91%) yang sudah masuk dalam kriteria baik (B), dan 3 siswa (9%) masuk dalam kriteria sangat baik (SB). Secara keseluruhan siklus II memperoleh hasil baik dengan rata-rata piningkatanya sebesar (80,3%) yang masuk dalam kategori baik. Saran yang diajukan: 1. Bagi siswa, pemantapan cita-cita siswa kelas X -9 SMA N 2 Bae Kudus telah terbukti meningkat setelah dilakukan layanan informasi. 2. Bagi Konselor diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan bimbingan dan konseling disekolah, terutama layanan informasi. 3. Kepala sekolah, diharapkan bisa menggunakan sebagai dasar kebijakan yang mendukung pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs, Sunardi
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 24 Feb 2014 14:41
                    Last Modified: 24 Feb 2014 14:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2175

                    Actions (login required)

                    View Item