WULAN SARI, CATUR INDAH (2024) Analisis nilai karakter dalam tradisi sedekah bumi desa cekel kecamatan karangayung kabupaten grobogan untuk pembelajaran siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Tradisi Sedekah Bumi, menguraikan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya, serta mengkaji potensi integrasu nilai-nilai karakter dalam pendidikan di Sekolah Dasar dengan menggunakan tradisi sedekah bumi Desa Cekel. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Cekel, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan dengan subjek tokoh masyarakat, guru dan siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, perekaman, pencatatan, pemotretan dan transkripsi, serta menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian mengungkap bahwa proses pelaksanaan Sedekah Bumi di Desa Cekel melibatkan tradisi turun-temurun setiap bulan apit. Pelaksanaan tradisi Sedekah Bumi di Desa Cekel, Grobogan, menunjukkan adanya nilai-nilai karakter yang kuat, seperti religiusitas, toleransi, kedisiplinan, cinta pada tanah air, kepedulian sosial, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Pembelajaran nilai-nilai tradisional di SD melibatkan interaksi langsung dengan komunitas dan menciptakan mata pelajaran interdisipliner dengan beragam kegiatan kelas. Integrasi ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan warisan budaya lokal untuk generasi mendatang, tidak hanya dalam konteks akademis tetapi juga dalam pembentukan karakter siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Nur Fajrie, M.Pd |
Kata Kunci: | Nilai Karakter, Tradisi, Sedekah Bumi |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 20:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 20:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
