Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa kelas v sd negeri bintoro 07 demak

Rohmah, Miftakhur (2024) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa kelas v sd negeri bintoro 07 demak. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan siswa kelas V dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan mengkonstruksi konsep dengan aturan yang spesifik menjadi lebih umum sehingga mudah dimengerti. Terdapat 7 indikator dalam kemampuan pemahaman konsep, antara lain (1) menyatakan kembali konsep (2) mengklasifikasikan benda-benda menurut ciri-ciri tertentu (3) memberikan contoh dan bukan contoh (4) menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematis (5) memerlukan syarat perlu atau cukup untuk suatu konsep (6) menggunakan, memanfaatkan dan memilih program atau operasi tertentu (7) menerapkan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Terdapat 2 faktor kemampuan pemahaman konsep yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SD Negeri Bintoro 07 Demak dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 6 berdasarkan kategori kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah dan guru kelas V. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dengan cara teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitia ini dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Siswa dengan kategori kemampuan pemahaman konsep tinggi dapat memenuhi 7 indikator dengan kemampuan matematis sangat baik. Siswa dengan kategori kemampuan pemahaman konsep sedang hanya mampu memenuhi 5 indikator dengan kemampuan matematis cukup baik. Siswa dengan kategori kemampuan pemahaman konsep rendah hanya mampu memenuhi 2 indikator dengan kemampuan matematis rendah. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep berasal dari individu itu sendiri seperti intelegensi, minat, kosentrasi dan faktor dari luar seperti metode guru dalam mengajar dan lingkungan sekolah. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan matematis yang dimilikinya. Semakin tinggi kemampuan matematis siswa maka semakin baik pula kemampuan pemahaman dalam mengembangkan konsep matematika yang dimilikinya. Kemampuan matematis yang dimiliki siswa juga termasuk ke dalam faktor internal yang dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: F. Shoufika Hilyana, S.Si, M.Pd dosen pembimbing 1 Diana Ermawati S.Pd, M.Pd dosen pembimbing 2
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, kemampuan Matematis, Pecahan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 18:49
Last Modified: 04 Aug 2024 18:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item