UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA TIM DALAM KELOMPOK BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ayu, Ade Puspita (2013) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA TIM DALAM KELOMPOK BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (825Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (249Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (387Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (525Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (486Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (271Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (227Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (199Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2457Kb)

                    Abstrak

                    Ayu, Ade Puspita. 2013. Upaya Meningkatkan Kerjasama Tim Dalam Kelompok Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing : (i) Drs. Sabar Rutoti, M.Pd, (ii) Drs. Sunardi. Kata Kunci : Kerjasama tim, Bimbingan Kelompok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kerjasama tim dalam kelompok belajar yang rendah siswa kelas XI Bahasa. Hal ini ditunjukan saat kelompok belajar siswa rendah karena kerjasama tim yang kurang begitu baik antar anggota satu tim kelompok belajar, kerjasama tim dalam kelompok belajar yang rendah ditandai dengan tidaknya rasa saling mendukung antar sesama anggota, cenderung mementingkan sikap individualnya dalam kelompok, komunikasi yang tidak saling terbuka dengan kelompoknya, kurang adanya rasa kepercayaan dengan anggota kelompoknya, kurang terlibat dalam setiap melaksanakan kegiatan dan tanggung jawab atas tugasnya masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kerjasama tim yang rendah dalam kelompok belajar sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. 2. Menemukan seberapa besar peningkatan kerjasama tim dalam kelompok belajar sebelum dan sesudah melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan design penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, dan pada setiap siklus dilakukan dalam 4 tahapan : tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hipotesis tindakan adalah “ada peningkatan kerjasama tim dalam kelompok belajar melalui layanan bimbingan kelompok SMA NU Al Ma’ruf Kudus”.Subjek Penelitian kelas XI Bahasa SMA NU Al Ma’ruf Kudus Semester II tahun 2012/2013 sebanyak 38 siswa. Dari ke 38 siswa itu kemudian dipilih dengan mengetahui siswa yang memiliki kelompok belajar memiliki kerjasama kurang. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, dan wawancara. Data yang berbentuk angka menggunakan analisi deskripsi komparatif yaitu membandingkan antara nilai pada kondisi awal, siklus I ( pertama) dan siklus ii ( ke dua), analisis data kualitatif dapat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Pada kondisi awal kerjasama tim dalam kelompok belajar SMA NU Al Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 masih rendah sebelum mendapatkan treatment layanan bimbingan kelompok sebelum layanan bimbingan kelompok Pada tahap sikus I sekor yang diperoleh siswa pada penilaian indikator aspek-aspek kerjasama tim dalam kelompok belajar adalah 61,25% dan pada siklus II diperoleh sekor 82,8%, yang memiliki peningkatan sebesar 21,55 % pada siklus II dalam kategori baik. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian diketahui pemahaman siswa dalam meningkatan kerjasama tim dlam kelompok belajar pada siklus I memperoleh hasil 4 siswa “Kurang” dan 3 siswa “sedang” dalam artian kerjasama tim dalam kelompok belajar siswa masih rendah dalam membangun kepercayaan dengan anggota kelompoknya. Sedangkan pada siklus II Kondisi siswa = 4 siswa baik dan 3 siswa Sangat baik. Siswa sudah mampu berkerjasama dengan baik dalam hal komunikasi dan rasa kepercayaan dengan anggota kelompok sudah meningkat seperti yang diharapkan. Adapun saran- saran yang peneliti ajukan setelah pelaksanaan penelitian kepada : 1.Kepala Sekolah Berdasarkan hasil penelitian dapat dijadikan kepala sekolah agar lebih memahami pentingnya pemberian layanan bimbingan kelompok untuk mengentaskan masalah yang dihadapi siswa di sekolah, serta dapat memotivasi para konselor sekolah untuk melakukan penelitian tindakan bimbingan konseling, 2.Para guru BK perlu mengembangkan layanan-layanan dalam bimbingan konseling dalam membantu para siswa untuk lebih meningkatkan prestasi, membantu siswa mengembangkan kepribadian, potensi yang dimiliki dan untuk meningkatkan kepribadian dan hubungan sosial siswa dengan siswa lainnya menjadi lebih baik, 3.Guru Mata Pelajaran diharapkan dapat mengetahui kondisi siswa pada saat memberikan tugas secara kelompok dan guru diharapkan dapat mengarahkan serta membantu siswa lebih memahami atas tugas masing-masing siswa pada saat belajar secra berkelompok sehingga siswa mampu bekerjasama dengan kelompoknya dengan baik, 4. Siswa diharapkan dapat menjadikan pembelajaran dan pengetahuan kepada siswa agar mampu memahami dan mengerti akan pentingnya bimbingan kelompok dan kerjasama tim dalam kelompok belajar yang bertujuan agar hubungan sosial dengan teman dalam belajarnya dapat terjalin dengan baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 08:56
                    Last Modified: 25 Feb 2014 08:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2179

                    Actions (login required)

                    View Item