Analisis kedisiplinan belajar matematika siswa kelas v ditinjau dari genre game online yang digunakan

BERLIANA PUTRI, REGITA (2024) Analisis kedisiplinan belajar matematika siswa kelas v ditinjau dari genre game online yang digunakan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstrak

Bermain Game Online dapat menghambat aktivitas belajar siswa, ketika dirumah bermain game menyebabkan siswa menunda menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan memanfaatkan waktunya untuk bermain game, sehingga siswa mengerjakan tugas mepet dengan tenggat waktu yang ditetapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kedisiplinan Belajar Matematika Siswa Kelas V Ditinjau Dari Genre Game Online Yang Digunakan. Disiplin adalah kesadaran diri untuk mengikuti dan mematuhi aturan, nilai, dan sanksi yang berlaku. Game Online adalah suatu permainan yang dimainkan dengan menggunakan jaringan internet dan menggunakan teknologi yang ada pada saat ini. Faktor siswa gemar bermain online yaitu memberikan kesenangan dan tantangan, menghilangkan stress, mengisi waktu luang Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V. Teknik pengambilan subjek siswa kelas V menggunakan teknik Purposive. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan Game Online Mobile ledend dan Hago dengan waktu bermain Game Online 1-2 jam kedisiplinan belajar dalam kategori tingg kedisiplinan belajar Matematika yang tinggi seperti mengerjakan tugas tepat waktu, meminta izin kepada guru, bersemangat saat mengerjakan tugas itu bermain Game Online satu jam karena bisa mengontrol waktu untuk belajar, siswa dengan bermain Game Online Mobile Legend dan Free Fire dengan waktu bermain Game Online 5-7 jam kedisiplinan belajar dalam kategori kurang seperti tidak mengerjakan tugas, tidak bersemangat saat mengikuti pembelajaran yang tidak bisa membagi waktu untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN Tanjunganyar 2, diharapkan untuk pihak sekolah SDN Tanjunganyar 2 agar meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dengan menerapkan dan memberikan hukuman atau sanksi yang tegas kepada siswa yang melanggar peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Hendaknya guru dapat memberikan hukuman atau sanksi yang mendidik bagi siswa agar mereka tidak mengulangi perilakunya yang melanggar peraturan dan tata tertib yang berlaku saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or DOSEN PEMBIMBING 2:Diana Ermawati, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Kedisiplinan, Belajar Matematika, Genre Game Online
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:54
Last Modified: 04 Aug 2024 19:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item