Eksperimentasi Pembelajaran matematika Menggunakan Pendekatan Quantum Learning dengan Metode Penemuan pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Tabung, kerucut dan Bola Ditinjau dari kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta

Bintoro, Henry Suryo (2011) Eksperimentasi Pembelajaran matematika Menggunakan Pendekatan Quantum Learning dengan Metode Penemuan pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Tabung, kerucut dan Bola Ditinjau dari kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta. Refleksi Edukatika, 1 (2). pp. 135-144. ISSN 2087-9385

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (2390Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Hal. Depan) - Published Version
    Download (1679Kb)
      [img] PDF (Artikel) - Accepted Version
      Download (11Mb)

        Abstrak

        Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume tabung, kerucut dan bola menggunakan pendekatan quantum learning dengan metode penemuan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode konvensional, (2) apakah terdapat pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental semu kuantitatif. Sampel dipilih secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-Z dan sebagai persyaratan analisis data dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan kajian teori dan hasil perhitungan pada analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh hasil: (1) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan quantum learning dengan metode penemuan lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional, (2) prestasi belajar siswa dengan kreativitas belajar yang lebih tinggi lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar yang lebih rendah. Siswa dengan kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar sedang, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.

        Tipe dokumen: Artikel
        Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, quantum learning, discovery method
        Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
        Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
        Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
        Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
        Tanggal Deposit: 21 Mar 2012 10:29
        Last Modified: 19 Nov 2014 10:35
        URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/218

        Actions (login required)

        View Item