Efektivitas penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (v-bar) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik

Aini,, Ida Nur (2024) Efektivitas penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (v-bar) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstrak

Kurangnya keaktifan dan antusias peserta didik menyebabkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika rendah, hal tersebut terjadi karena model dan media pembelajaran yang kurang menarik minat peserta didik. Permasalahan tersebut terjadi pada kelas V SD N Sidomulyo 3 Dempet Demak. Hasil rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah 22 peserta didik sangat rendah yaitu sebesar 46,9. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui keefektifan dan peningkatan setelah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (V-BAR) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan sebuah permasalahan yang nyata dan menuntut peserta didik aktif dalam menyelesaikan permasalahan dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Aplikasi volume bangun ruang (V-BAR) merupakan media pembelajaran matematika materi volume bangun ruang yang dapat digunakan untuk menarik perhatian dan antusias peserta didik. Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan menggunakan strategi/rencana Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan di kelas V SD N Sidomulyo 3. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD N Sidomulyo 3 sebanyak 22 peserta didik yang juga sebagai sampel penelitian. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Problem Based Learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (V-BAR), sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Tes dan N-Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat keefektifan sebelum dan sesudah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (V-BAR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (V-BAR) sebesar 61,22 dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan dan peningkatan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi volume bangun ruang (V-BAR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD N Sidomulyo 3. Saran dalam penelitian ini yaitu mengembangkan media pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Diana Ermawati, M.Pd. (Pembimbing I) F. Shoufika Hilyana, S.Si, M.Pd. (Pembimbing II)
Kata Kunci: Problem Based Learning, Aplikasi V-BAR, Pemecahan Masalah.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:15
Last Modified: 05 Aug 2024 00:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21817

Actions (login required)

View Item View Item