Pengaruh inquiry learning berbasis tpack dengan media virtual laboratory terhadap keterampilan proses sains siswa

LESTARI, PUJI (2024) Pengaruh inquiry learning berbasis tpack dengan media virtual laboratory terhadap keterampilan proses sains siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMN JUDUL]
Preview
Text (HALAMN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (780kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas V SD 2 Rejosari melalui penerapan inquiry learning dengan media virtual laboratory pada pembelajaran IPAS Bab 5 Topik B. Keterampilan proses sains adalah langkah-langkah kerja ilmiah yang melibatkan serangkaian keterampilan, digunakan dalam pembelajaran agar peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan pembelajaran dengan menggunakan daya pikir kreatifnya. Inquiry learning merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa agar dapat menemukan sendiri informasi atau pegetahuan baru melalui pengalaman yang mereka dapatkan selama proses pembelajaran berlangsung. Virtual laboratory merupakan serangkaian perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mensimulasikan percobaan laboratorium ke dalam komputer. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di kelas V SD 2 Rejosari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 2 Rejosari yang berjumlah 14 siswa yang dipilih dengan teknik purpossive sampling. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain the one grup pretest posttest design. Teknik pengumpulan data berupa tes, lembar observasi, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paired Sample t-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00 di mana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata keterampilan proses sains siswa yang memperoleh inquiry learning berbasis TPACK dengan media virtual laboratory lebih baik daripada rata-rata keterampilan proses sains siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Peningkatan keterampilan proses sains siswa yang mengikuti inquiry learning berbasis TPACK dengan media virtual laboratory berpengaruh sebesar 0,7629 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inquiry learning berbasis TPACK dengan media virtual laboratory terbukti berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SD 2 Rejosari Kudus, sehingga perlu adanya pengembangan media virtual laboratory untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Inquiry learning, Keterampilan Proses Sains, Virtual laboratory.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 00:15
Last Modified: 06 Aug 2024 00:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item