Pengembangan media board game dalam Pembelajaran tematik untuk peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas iii sekolah dasar

Sugiarto, Sugiarto (2024) Pengembangan media board game dalam Pembelajaran tematik untuk peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas iii sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Menganalis kebutuhan; 2) Menyusun desain pengembangan; 3) Menganalisis kelayakan; dan 4) Menganalisis keefektifan media board game dalam pembelajaran Tema 1 Subtema 1 untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III di Dabin IV Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. ADDIE merupakan akronim dari langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pengembangan yaitu; Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi) (Suryani, Setiawan, & Putria, 2018:126). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan angket. Sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran, validasi produk, dan minat belajar siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru SD di Kecamatan Toroh Kabupeten Grobogan. Desain pengembangan board game yang telah dikembangkan peneliti terdiri atas 3 bagian yakni perencanaan, proses dan isi. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Dari proses validasi ahli materi diperoleh hasil rata-rata 3,47 pesentase 86,75% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh hasil rata-rata 3,83 persentase 95,75% dengan kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata 3,45 persentase 86,25% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya produk yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mencapai tingkat ketuntasan 99% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil validasi dan dikuatkan dengan hasil belajar siswa maka Board Game dalam pembelajaran tematik ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas III sekolah dasar di Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Erik Aditia Ismaya, MA:
Kata Kunci: board game, pembelajaran tematik, kemampuan literasi.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 18:46
Last Modified: 06 Aug 2024 18:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21867

Actions (login required)

View Item View Item