Efektivitas model project based learning dan pendekatan technological pedagogical content knowledge terhadap hasil belajar ipas pada siswa kelas v sd gugus elang kecamatan mlonggo

WAHYUNINGTIYAS, LELI (2024) Efektivitas model project based learning dan pendekatan technological pedagogical content knowledge terhadap hasil belajar ipas pada siswa kelas v sd gugus elang kecamatan mlonggo. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan Model Project Based Learning ( PJBL ) dan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus Elang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Hipotesis Tindakan dalam penelitian ini adalah 1.) Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar di Gugus Elang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, 2.) Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL) dan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) ditetapkan layak dipergunakan dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Gugus Elang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, 3.) Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL) dan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus Elang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes yaitu pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas ontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data hasil tes tersebut dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan software SPSS 26 dan Microsoft Exel 2021. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Berdasarkan Uji t yang dilakukan didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,034. Karena nilai Sig. (2-tailed) uaitu 0,034 < 0,05 maka "H" _0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dengan kata lain model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. 2) Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,44 lebih baik dari pada kelas kontrol yang mendapat rata-rata nilai sebesar 70,14. Selain itu berdasarkan uji t yang dilakukan didapatkan nilai-nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,040. Karena nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,040 < 0,05 maka "H" _0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus Elang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. 3) Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mendapatkan rata-rata lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen mendapatkan rata-rata sebesar 79,19 dan kelas control mendapatkan rata-rata sebesar 70,14. Selain itu uji t yang dilakukan didapatkan nilai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001, karena nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 maka "H" _0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rat-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas control. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Sehingga dapat ditarik kesimpulan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Berdasarkan simpulan yang dianalisis dari penelitian di atas, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut :1) Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi ekosistem. 2) Siswa hendaknya aktif dalam mengikuti pembelajaran agar dapat memahami materi sehingga tujuan pembelajaran tercapai. 3) Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian serupa dapat mengembangkan tujuan penelitian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd
Kata Kunci: Model Project Based Learning, TPACK, Hasil Belajar IPAS, Sekolah Dasar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2024 21:04
Last Modified: 06 Aug 2024 21:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21888

Actions (login required)

View Item View Item