LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK ROLEPLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII B SMP 1 JATI KUDUS

Arianti, Runia Nurliana (2013) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK ROLEPLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII B SMP 1 JATI KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (402Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (204Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (287Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (427Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (428Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (151Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (180Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (201Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1747Kb)

                    Abstrak

                    Arianti, Runia Nurliana. 2013.“Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing Sebagai Upaya Meningkatkan Sopan Santun Siswa Kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (I).Drs.Susilo Rahardjo, M.Pd., (II) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons. Kata Kunci:Layanan Bimbingan Kelompok, Sopan Santun. Sopan santun merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat, termasuk generasi mudanya.Sopan santun yang rendah mengakibatkan anak tidak akan dihormati dan tidak diterima lingkungannya.Hal ini terjadi pada siswa kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus, yang diketahui bahwa ada 8 siswa yang memiliki sopan santun yang rendah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembinaan, pola asuh orang tua serta pergaulan lingkungan yang kurang tepat, sehingga mengakibatkan rendahnya sopan santun siswa yang ditunjukkan dengan adanya kurang menghormati guru, memiliki kebiasaan memotong pembicaraan, tidak menghargai pendapat teman.Diharapkan dengan bimbingan kelompok melalui teknik role playing, dapat meningkatkan sopan santun siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah peningkatan sopan santun pada siswa kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing?” Tujuan penelitian: 1.Mendeskripsikan peningkatan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing sebagai upaya meningkatkan sopan santun siswa kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013. 2. Diperolehnya peningkatan sopan santun siswa kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing.Kegunaan penelitian: (1) Teoritis: Diharapkan dapat berguna bagi ilmu pengetahuan, khususnya bidang bimbingan dan konseling, menambah khasanah pustaka pendidikan dan sekaligus sebagai bahan masukan untuk penelitian sejenisnya, khususnya dalam memahami sopan santun siswa serta upaya meningkatkannya melalui bimbingan kelompok dengan teknik role playing.Praktis: 1. Kepala sekolah: sebagai acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling. 2. Konselor: Sebagai acuan untuk menentukan kebijakan dalam memberi pengarahan dan alternative dalam layanan bimbingan dan konseling terutama terkait masalah sopan santun.Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playingdapat meningkatkan sopan santun siswa kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki sopan santun rendah di kelas VIII B. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing dan variabel terikat yaitu sopan santun. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, dan metode pendukung yaitu wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan triangulasi data untuk menganalisis semua data yang diperoleh.Penelitian ini adalah PTK BK dengan pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya ada 3 pertemuan. Simpulan penelitian :1. Dalam mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik role playing awalnya siswa masih malu dan takut untuk mengikuti kegiatan,sehingga di awal belum mencapai tujuan yang diharapkan. Setelah pelaksanaan siklus II, siswa lebih memahami tentang bimbingan kelompok melalui teknik role playing, anggota kelompok sudah mulai percaya diri dalam berpendapat dan membahas topik, serta dalam bermain peran sehingga tujuan dari masing-masing pertemuan dapat tercapai dengan baik. 2. Diperoleh peningkatan sopan santun siswa kelas VIII B SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diadakan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, tingkat sopan santun siswa memiliki persentase 40%. Setelah pemberian layanan pada siklus I memperoleh persentase 60,25 % dan setelah pelaksanaan siklus II memperoleh persentase 76,75% dan sudah masuk dalam kategori baik. Saran yang diberikan: 1. Kepala Sekolah: memahami dan memperhatikan serta memfasilitasi program bimbingan dan konseling yang mendukung, salah satunya dalam menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok guna meningkatkan sopan santun. 2. Konselor: lebih meningkatkan pelaksanaan program bimbingan dan konseling guna memenuhi kebutuhan siswa dalam mencegah dan mengentaskan masalah siswa yang bersangkutan salah satunya mengenai sopan santun siswa.3. Peneliti berikutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai dasar untuk mengadakan serta mengembangkan penelitian selanjutnyadengan memperluas aspek kajian penelitian yang berkaitan dengan sopan santun siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs. Susislo Rahardjo, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 10:41
                    Last Modified: 25 Feb 2014 10:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2190

                    Actions (login required)

                    View Item