PENINGKATAN PERCAYA DIRI MENGHADAPI DUNIA KERJAMELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XII PS 1SMK RADEN UMARSAIDKUDUSTAHUN PELAJARAN 2012/2013

Indariah, Iin (2013) PENINGKATAN PERCAYA DIRI MENGHADAPI DUNIA KERJAMELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XII PS 1SMK RADEN UMARSAIDKUDUSTAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Sampul) - Accepted Version
Download (1549Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (157Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (278Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (257Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (547Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (164Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (93Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (96Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb)

                    Abstrak

                    Indariah, Iin. 2013. Peningkatan Percaya Diri Menghadapi Dunia Kerja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Peserta Didik Kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (i). Drs. Masturi, M.M. (ii). Drs. Sucipto, M.Pd.Kons. Kata-kata kunci: Bimbingan Kelompok, Percaya Diri, Kerja Bekerja bagi manusia adalah suatu kebutuhan, baik untuk aktualisasi diri maupun untuk mengarungi kehidupan di dunia. Modal utama yang perlu dipersiapkan oleh para pencari kerja adalah mental yaitu percaya diri. Namun, tidak semua individu memiliki percaya diri yang cukup, seperti yang ditemukan dalam keseharian peserta didik kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus, seperti peserta didik merasa takut, grogi, dan cemas dalam menghadapi berbagai situasi, serta belum mempunyai persiapan memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri peserta didik sesudah diberi layanan bimbingan kelompok kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus tahun pelajaran 2012/2013. 2. Peserta didik kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus tahun pelajaran 2012/2013 melalui layanan bimbingan kelompok kepercayaan dirinya meningkat. Metode yang digunakan adalah: 1. Metode observasi sebagai metode yang utama. Observasi ini dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu observasi terhadap proses dan observasi terhadap hasil. 2. Metode wawancara sebagai metode pendukung. Wawancara ditujukan untuk guru BK kelas XII sebelum diberikan tindakan. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan layanan bimbingan kelompok pada sepuluh orang peserta didik kelas XII PS 1 SMK Raden Umar Said Kudus menunjukkan peningkatan yang positif yang semula percaya dirinya rendah meningkat menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari peserta didik menjadi berani, percaya diri, dan tenang dalam menghadapi berbagai situasi serta sudah memiliki persiapan menghadapi dunia kerja. Dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1. Bagi kepala sekolah, untuk mengkoordinasikan kegiatan bimbingan kelompok seperti kegiatan pembelajaran dan latihan sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu, harmonis, dan dinamis. 2. Bagi konselor, hendaknya memberikan pendampingan dan lebih memperhatikan percaya diri peserta didik, salah satu caranya dengan mengadakan layanan bimbingan kelompok. 3. Bagi peserta didik yang kurang percaya diri diharapkan membangun percaya dirinya dengan cara memupuk keberanian untuk bertanya, melatih diskusi dan berdebat, berani mengerjakan soal di depan kelas, mengikuti kegiatan ektrakurikuler, dan sebagainya. 4. Bagi orang tua, hendaknya selalu memantau perkembangan anaknya, terutama dalam pembentukan perilaku yang positif serta turut serta membangun percaya diri anak dari kecil. Sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. 5. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan penelitian tentang pembentukan percaya diri dalam menghadapi dunia kerja melalui layanan bimbingan kelompok, peneliti dapat mencoba melakukan penelitian dengan mengungkap sejauh mana rasa percaya diri berpengaruh terhadap kesuksesan seorang peserta didik dalam menghadapi dunia kerja. Kemudian bandingkan hasilnya sebelum diberikannya layanan dan setelah diberikannya layanan.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Drs. Masturi, M.M
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 10:49
                    Last Modified: 25 Feb 2014 10:49
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2191

                    Actions (login required)

                    View Item