NISA, LATIFFATUN (2024) Penyelesaian kredit bermasalah melalui restruktrurisasi di pd. Bpr. Bank pasar kabupaten kudus pada masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Skripsi yang berjudul “Penyelesaian Kredit Bermasalah Melalui Restruktrurisasi di PD. BPR. Bank Pasar Kabupaten Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyelesaian kredit bermasalah melalui restrukturisasi kredit di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Kudus, dan penanganan terhadap nasabah yang kreditnya tetap bermasalah setelah dilakukan restrukturisasi kredit di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan sekunder. Hasil Data diperoleh, disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, efektivitas penyelesaian kredit bermasalah melalui restrukturisasi kredit di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Kudus, apabila ditinjau dari tolak ukur efektivitas hukum menurut Zainuddin Ali, tidak terpenuhi karena pelaksanaan penyelesaian kredit bermasalah melalui restrukturisasi kredit di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Kudus tidak sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) dan ayat (4) POJK Nomor 48 /POJK.03/2020. Apabila ditinjau dari tolak ukur efektivitas menurut Hassel Nogi Tangkilisan maka unsur yang tidak terpenuhi pertama, unsur pelaksanaan yang tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 2 ayat (1) dan ayat (4) POJK Nomor 48 /POJK.03/2020. Kedua unsur target dari perencanaan, karena pelaksanaanya masih terdapat debitur yang belum terselesaikan menggunakan restrukturisasi, seperti debitur Habibur Rohman dan Nasabah Noorichin. Penanganan terhadap nasabah yang kreditnya tetap bermasalah setelah dilakukan restrukturisasi kredit di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Kudus, yaitu melalui restrukturisasi ulang yang merupakan solusi atau sarana terakhir untuk mengatasi nasabah yang kreditnya tetap bermasalah setelah dilakukan restrukturisasi kredit. Hal ini sesuai amanat ketentuan POJK Nomor 48 /POJK.03/2020, dan Perintah komisioner OJK agar selama masa pandemi penyelesaian kredit bermasalah dilakukan restrukturisasi berulang
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dwiyana Ahmad H,SH,SH,I,MH PEMBIMBING 1 Wahyu Edy Amrulloh SH,MH, PEMBIMBING 2 |
Kata Kunci: | : Penyelesaian Kredit Bermasalah, Covid-19, Bank Pasar. Restrukturisasi |
Subjects: | Hukum Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 20:28 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 20:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
