Pelaksanaan eksekusi putusan bebas dalam tindak pidana persetubuhan terhadap anak (studi kasus putusan nomor 7/pid. Sus/2021/pn tgt)

MULYANTO, ILHAM (2024) Pelaksanaan eksekusi putusan bebas dalam tindak pidana persetubuhan terhadap anak (studi kasus putusan nomor 7/pid. Sus/2021/pn tgt). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Eksekusi Putusan Bebas Dalam Tindak Pidana Persetubuhan Terhadap Anak (Studi Kasus Putusan Nomor 7/Pid. Sus/2021/Pn Tgt)”, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan eksekusi pidana yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Paser terhadap Terpidana yang melarikan diri, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Kejaksaan Negeri Paser terhadap pelaksaan eksekusi pidana Terpidana yang melarikan diri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode penentuan sampel dengan purposive sampling. Metode pengumpulan menggunakan data primer dan data sekunder yang kemudian diperiksa, diolah dan dianalisa secara kualitatif, selanjutnya disusun sebagai skirpsi yang bersifat ilmiah. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan eksekusi Terpidana yang melarikan diri dimulai pelaksanaan eksekusi terhadap Terpidana Mustafa yang melarikan diri di Kejaksaan Negeri Paser melibatkan langkah-langkah seperti menerima salinan putusan kasasi, mengeluarkan Surat P-48, melakukan pemanggilan, dan jika Terpidana Mustafa tidak mengahadiri pemanggilan maka Kejaksaan Negeri Paser penjemputan paksa Terpidana Mustafa. Prosedur eksekusi sesuai Peraturan Jaksa Agung termasuk pengiriman surat pemberitahuan, pembentukan tim eksekusi, pencarian, dan penangkapan. Kejaksaan Negeri Paser menggunakan Adhyaksa Monitoring Center (AMC) untuk melacak keberadaan Terpidana Mustafa melalui handphone dan nomor yang sering dihubungi. Terpidana Mustafa juga masuk dalam daftar dicari oleh tim tangkap buronan (Tabur) 31.1 Kejaksaan Agung, dengan perkembangan terakhir terdeteksi di perhutanan perbatasan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Kendala-kendala yang dihadapi oleh Kejaksaan Negeri Paser terhadap pelaksaan eksekusi pidana Terpidana yang melarikan diri dari faktor internal yang mencakup sedikitnya sumber daya manusia di dalam Kejaksaan Negeri Paser dan kualitas dari masing-masing sumber daya manusia, selanjutnya terkait dengan sarana dan prasarana di dalam Kejaksaan Negeri Paser yang kurang memadahi, kurangnya anggaran yang memadai. Selanjutnya faktor eksternal mencakup kurangnya kualitas sumber daya manusia di yang kurang pengetahuan hukum masyarakat sera masyarakat yang tidak acuh terhadap penegakan hukum, serta kesulitan dalam melacak Terpidana Mustafa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Henny Susilowati, S.H., M.H. DOSEN PEMBIMBING 2:Wiwit Ariyani S.H., M.Hum
Kata Kunci: Eksekusi, putusan bebas, persetubuhan.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Aug 2024 20:30
Last Modified: 08 Aug 2024 20:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21938

Actions (login required)

View Item View Item