MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII F SMP 1 JATI KUDUS

ariyani, Diah (2013) MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII F SMP 1 JATI KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, FKIP UMK.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman sampul) - Accepted Version
Download (406Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (209Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (268Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (489Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (386Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (189Kb)
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (185Kb)
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (226Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (905Kb)

                    Abstrak

                    Ariyani, Diah. 2013. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VII F SMP 1 Jati Kudus. Skripsi. Program Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd, (2) Drs. Sucipto, M.Pd.,Kons. Kata Kunci: Rasa Tanggung Jawab, Bimbingan Kelompok Tanggung jawab merupakan salah satu nilai dalam pendidikan berkarakter. Dengan tanggung jawab seseorang mampu bertindak tepat, tidak tergantung dan memiliki kepekaan terhadap orang lain. Rasa tanggung jawab yang rendah mengakibatkan seseorang akan bertindak ceroboh, tidak berani mengambil resiko, dan tidak mempunyai keberanian mental sehingga menghambat keberhasilan siswa dalam mencapai kesuksesan. Hal ini terjadi pada siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus. Dari hasil wawancara kepada konselor dan observasi terakhir diketahui bahwa ada 8 siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus tahun 2012/2013 yang memilki rasa tanggung jawab yang rendah. Ditandai dengan siswa yang sering tidak mengerjakan PR, tidak disiplin terhadap peraturan, tidak melaksanakan giliran piket dan cenderung mementingkan diri sendiri. Dengan diberikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok diharapkan dapat membantu dan mengarahkan siswa untuk meningkatkan rasa tanggung jawabnya sebagai siswa. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini “bagaimanakah prosedur layanan bimbingan kelompok melalui teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013?” Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1. mendiskripsikan rasa tanggung jawab siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok, 2. Diperoleh peningkatan rasa tanggung jawab siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Keguanaan penelitian ini adalah: 1. Kegunaan teoritis, memberikan sumbangan pemikiran bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya bimbingan dan konseling dalam meningkatkan rasa tanggung jawab siswa, 2. Kegunaan praktis adalah a. Bagi Siswa untuk memperoleh wawasan tentang bagaimana cara melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, b. Bagi Guru sebagai dasar bahwa dengan meningkatkan rasa tanggung jawab siswa akan dapat meningkatkan prestasi siswa, c. Bagi Konselor sebagai masukan pengalaman yang dapat memperkaya penerapan praktis layanan bimbingan konseling ke depan, d. Bagi Kepala Sekolah sebagai masukan untuk tercapainya tujuan institusional dan menanamkan softskill pada peserta didik. Hipotesis yang diajukan adalah “layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini berbentuk PTK-BK yang dalam pelaksanaannya dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulannya dengan diberikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok diperoleh peningkatan rasa tanggung jawab siswa. Hal ini terbukti dengan diperolehnya hasil observasi terhadap aspek tanggung jawab yang dilakukan pra tindakan diperoleh rata-rata persentase 47,6% tergolong dalam kategorti rendah. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 60,5% tergolong dalam ketegori cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata persentase 78% tergolong dalam ketegori tinggi. Siswa sudah menyadari dan melaksanakan tanggung jawabnya sebagai siswa dengan baik. Siswa sudah melaksanakan tugas dengan tepat waktu, mampu bekerjasama dalam diskusi, mengerjakan PR dan disiplin. Dari hasil penelitian tersebut maka hipotesis “layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa kelas VII F SMP 1 Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013” dapat diterima karena teruji kebenarannya. Saran yang diberikan: 1. Kepala Sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang menunjang pelaksanaan bimbingan dan konseling, 2. Konselor agar lebih meningkatkan pelaksanaan program bimbingan konseling dan memberdayakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok, 3. Siswa agar melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik, 4. Guru bidang studi/wali kelas hendaknya bekerjasama dengan konselor dan selalu memberikan motivasi, 5. Orang tua dapat belerjasama dengan konselor dan memperhatikan sikap anak-anaknya, 6. Peneliti berikutnya diharapkan menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Nama : Susilo Rahardjo, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
                    Tanggal Deposit: 25 Feb 2014 11:21
                    Last Modified: 25 Feb 2014 11:21
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2194

                    Actions (login required)

                    View Item