Perlindungan hukum investor dalam transaksi repurchase agreement (repo) saham yang gagal bayar (studi kasus pt. Ahabe niaga selaras)

Dhesyafara, Rakha (2024) Perlindungan hukum investor dalam transaksi repurchase agreement (repo) saham yang gagal bayar (studi kasus pt. Ahabe niaga selaras). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi dengan judul “Perlindungan Hukum Investor Dalam Transaksi Repurchase Agreement (Repo) Saham Yang Gagal Bayar (Studi Kasus PT. Ahabe Niaga Selaras)” secara umum untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana perlindungan hukum yang diperoleh investor dalam hal terjadi gagal bayar dalam transaksi repo saham dengan PT Ahabe Niaga Selaras dan perlindungan hukum terhadap investor apakah telah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, sehingga investor dapat mendapatkan pemenuhan haknya kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan metode pendekatan kasus (case approach). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini dianalisis menggunakan data sekunder yang telah dikumpulkan, kemudian disusun secara sistematis sehingga memperoleh jawaban atas permasalahan yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perlindungan hukum investor dalam transaksi repurchase agreement (repo) saham yang gagal bayar berdasarkan ketentuan Pasal 4 ayat (1) dan (2) POJK No.9/POJK.04/2015 tentang Pedoman Transaksi Repurchase Agreement Saham Bagi Lembaga Jasa Keuangan yang mengatur bahwa setiap transaksi repo wajib berdasarkan pada perjanjian tertulis dan wajib memuat peralihan atas hak kepemilikan efek. Serta dalam Pasal 28 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan mengatur untuk memberikan perlindungan konsumen dan masyarakat meliputi memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat atas karakteristik sektor jasa keuangan, layanan dan produknya. Terjadinya sengketa gagal bayar dalam transaksi repo antara investor dengan PT Ahabe Niaga Selaras tidak diselesaikan melalui arbitrase sesuai kesepakatan tetapi diselesaikan dengan penundaan kewajiban pembayaran utang melalui Pengadilan Niaga merujuk pada Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Transaksi repo saham dibuat secara tertulis sebagai bentuk perlindungan hukum preventif untuk mencegah terjadinya permasalahan, permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang dilakukan sebagai perlindungan hukum represif yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul, sebagai upaya pemenuhan hak investor yang dirugikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr,Suparnyo SH,MS, PEMBIMBING 1 Muhammad Ali Alladuniah S,Sy,MH PEMBIMBING 2
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Repurchase Agreement Saham
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Aug 2024 18:45
Last Modified: 11 Aug 2024 18:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item View Item