Penyelesaian sengketa perbankan yang diselesaikan dengan kesepakatan para pihak (studi kasus bank danamon kudus)

Izzah, Lola Nurul (2024) Penyelesaian sengketa perbankan yang diselesaikan dengan kesepakatan para pihak (studi kasus bank danamon kudus). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstrak

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penyelesaian Sengketa Perbankan Yang Diselesaikan Dengan Kesepakatan Para Pihak (Studi Kasus Bank Danamon Kudus) “, secara umum bertujuan (1) mengetahui proses pelaksanaan negosiasi dalam menyelesaikan kredit macet perbankan; (2) mengetahui faktor keberhasilan dalam pelaksanaan negosiasi untuk menyelesaikan kredit macet. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode penentuan sampel dengan non random sampling. Metode pengumpulan menggunakan data primer dan data sekunder, data primer yang diperoleh langsung dari wawancara atau penelitian lapangan sedangkan data sekunder yang diperoleh dengan studi kepustakaan. Data sekunder dan data primer diolah secara kualitatif hingga menjadi skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam penyelesaian sengketa perbankan yang berkaitan dengan kredit macet adalah langkah pertama yang diambil PT. Bank Danamon Indonesia Tbk Cabang Kudus apabila debitur diketahui mengalami kredit macet dapat dilakukan dengan cara penyelamatan kredit sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 23/12/BPP, seperti Penjadwalan Kembali (Recheduling), Persyaratan Kembali (Reconditioning) dan Penataan Kembali (Restructuring). Apabila penyelamatan kredit tersebut masih belum mendapatkan hasil, langkah terakhir dapat diselesaikan secara internal antara pihak debitur dengan pihak bank dengan cara negosiasi. Hal ini diatur sesuai dengan Undang – Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Negosiasi dapat berhasil apabila adanya kesediaan para pihak untuk berkompromi dan alasan pihak debitur yang kuat untuk diselesaikan dengan cara negosiasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Yusuf Istanto, S.H.,M.H selaku Dosen Pembimbing 1 Nandha Surya Pamungkas, S.H.,M.H selaku Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: Negosiasi, Utang Piutang, PT. Bank Danamon Indonesia Tbk Cabang Kudus.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Aug 2024 18:50
Last Modified: 11 Aug 2024 18:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item